SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean 19 Wirobrajan

D. I. Yogyakarta

Kembali Visit ke Tiga Negara Day 2, 3

Rabu, 29 Januari 2020 ~ Oleh admin-news ~ Dilihat 357 Kali

Kembali Visit ke Tiga Negara

#Day 2, 3

Bus Pasiaran dari Singapore membawa rombongan menuju Johor dan sampailah di THY EXECUTIVE HOTEL untuk bermalam di Johor.
Morning call berbunyi tanda persiapan bangun, sholat dan breakfast , berkemas lanjut ke Melaka. Hari kedua hanya tour ke Kota Tua, yang situasinya persis di kampung China Dagen Malioboro Yogyakarta, terus ke Tamengsari, anak-anak di himbau semua jalan memakai Masker, dengan banyaknya pengunjung di musim Imlek ini kita waspada preventif, sholat berjamaah di Masjid Putra Jaya.
Perjalanan yang Seronok sangat sampai petang harus beristirahat di Sani Hotel jalan Ipoh, Selangor. Plong rasanya hotelnya bagus semua masakan Halal, yang punya orang Muslim dan pelayan wanita berjilbab.

Hari ketiga ini fokus belajar, berkolaborasi dengan Sekolah Menengah Kebangsaan, Melawati Malaysia, sampai di Sekolah partner ; wouuw kita sudah disambut oleh para siswa yang beraneka seragamnya kalau di Yogyakarta OSIS/IPM dan ada pula pengetua, penolong kanan , para Cikgu ikut menyambut delegasi SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
Masuk Aula cantik perkenalan, sambutan, MoU.Kemudian sudah terlihat akrab para siswa di pandu masuk kelas mengikuti aktifitas belajar dan kita para pembimbing ramah-tamah dengan pengetua dan penolong kanan/staff, melakukan (stakeholder meeting).


Sekolahnya sangat luas banyaknya siswa 2000 terdiri dari usia 13-17 tahun, lama pendidikan menengah 5 tahun, jadi kalau di Indonesia di pisah antara Sekolah Menengah Pertama dan Menengah Atas tetapi di Malaysia Sekolah Menengah Kebangsaan adalah gabungan SMP+SMA/SMK dengan hanya 1 Kepala sekolah/pengetua. Subhanalloh . . . begitu berat kerjanya.
Dengan Struktur Organisasi dan pembagian job, SOP, dan banyak melibatkan siswa Osis dalam setiap kegiatan, semua kegiatan terlihat berjalan lancar dan rapi.


Dinding sekolah sangat komunikatif ada mural, pojok baca, perpustakaan yang cantik, slogan/kata mutiara yang membakar motivasi. Tiba -tiba mata ini tertuju pada sertifikat kunjungan ada SMP N 3 Depok sleman, SMK N 7 Yogyakarta, SMA N 2 Yogyakarta, ada SMP Muh 8 Antapani Bandung, setelah saya tanya : ooh mereka yang dikunjungi sewaktu ke yogyakarta? dan ada yang datang ke Malaysia hanya melakukan kunjungan yang cukup 2-3 jam saja.

Sister School SMP Muh 3 Yogyakarta setiap tahun harus melakukan benar-benar Student Exchange tidak sekedar visit atau tour saja tetapi kunjungan ke sekolah harus berkolaborasi ada pembelajaran selama kunjungan agar anak merasakan bagaimana para siswa di Luar Negeri belajar. Tentu persiapannya cukup banyak, mental, bahasa, dan performance semua harus matang di siapkan, terutama untuk para siswa yang akan ikut Host Family.

Terlihat lahap menyantap makan siang di kantin yang sangat luas. Pelajaran hanya sampai pukul 13.00 dan masih enam hari kerja. Terimaksih, banyak yang kita ambil positif dari sekolah ini, sampai jumpa besok pagi. Kita truskan jalan ke KLCC, Rumah Coklat, Istana Negara dan Bukit Bintang. Sampailah di So Asia Resto untuk Dinner.

Selangor Malaysia, 28 Jan 2020.

Heriyanti
(Mugabarajan Yogyakarta)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT