SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean 19 Wirobrajan

D. I. Yogyakarta

Kembali MoU dengan Satri Si Suryothai School of Bangkok Thailand

Rabu, 05 Februari 2020 ~ Oleh admin-news ~ Dilihat 398 Kali

Pesawat Air Asia FD 312 membawa delegasi SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta menuju Donmueng Bangkok, sampai di Bandara rombongan sudah di jemput oleh Miss Veena dan beberapa guru yang sudah akrab dengan kami. Para siswa gembira naik bus tingkat, tak lama di bagi nasi box untuk makan siang, padahal kami sudah makan siang di pesawat. Sampai di sekolah terlihat para siswa berteriak "Indonesia", kemudian dipersilahkan masuk dalam ruangan lantai 7 untuk melakukan sholat jamak qosor.

Setelah sholat dan sebentar istirahat semua dipersilahkan menuju lantai 6 ruangan yang sudah di persiapkan untuk maching partner, diruang ini para orang tua partner sudah siap menjadi host family dan sore ini juga akan membawa pelajar SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta bermalam selama enam hari, para siswa belajar di Satri Si Suryothai Bangkok.

Acara Maching partner di pandu oleh Miss Veena, Miss Anita. Mulailah duduk bersama saling menyapa, tentu berbagai perasaan menemukan keluarga baru, yang mungkin kondisi rumahnya berbeda dengan yang di Yogyakarta, ada yang grogi bahasa inggrisnya tidak lancar, itu tidak menjadi soal karena partnernyapun sama tidak semua lancar berbahasa inggris, yang penting jangan diam. Ada orang tua partner yang minta ijin akan membawa siswa Indonesia liburan/ weekend ke luar Propinsi Bangkok. Setelah acara Matching partner dilanjutkan Dinner disekolah , itu rupanya mendatangkan Catering dengan tulisan : Halal Food, beraneka hidangan makan luar biasa di siapkan.

Hubungan kerjasama saling kolaborasi antara SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan Satri Si Suryothai school of Bangkok Thailand, sudah di mulai sejak tahun 2011, ini sudah yang ke enam mengunjungi Thailand dan Thailand sudah empat kali datang ke Mugabrajan yogyakarta, untuk itu kembali perpanjangan MoU, dengan isi perjanjian masih sama terutama di pembiayaan, bahwa selama kunjungan seluruh biaya menjadi tanggung jawab sekolah yang di datangi.

Setiap hari para siswa diberi pelajaran Akademik dan Ketrampilan, kami sangat heran, takjub, melihat begitu banyak alat musik yang di miliki sekolah ini Angklung, Kecapi, Ketipung, Biola, dan Rebana yang menjadi ciri khas budaya Indonesia mereka punya dan para siswa Thailand mengajarkan kepada siswa Mugabrajan Indonesia, menghela nafas panjang . . . . Suatu ketika Muga harus bisa !
Ada perasaan was-was melepas siswa tidur di rumah partner apalagi gencarnya berita tentang Virus Corona, dan keadaan rumah partner di Thailand tidak semuanya mampu dan lebih baik, bahkan ada anak yang tidur di bawah dengan kamar seadanya, padahal kamar di rumahnya ber AC. Berbekal Pengalaman jejaring di Mugabrajan, ingat tujuan Sister School, dan persiapan mental, Student Exchange semua berjalan dengan lancar.

Sabtu, 1 Febuary 2020, Saya harus pulang mendahului karena tugas lain sudah menunggu. Laporan kegiatan siswa terus update. Melihat kegembiraan para siswa di hari terahir tour. Setelah acara pamitan dari sekolah, menuju Arun naik Boat, kemudian ke Wat Pho melihat reclining Budha, dilanjutkan makan siang Halal Buffet di Al Meroz Hotel, kemudian free time shopping di MBK dan Siam Paragon untuk beli oleh-oleh, terakhir delegasi Mugabrajan makan malam sekaligus menyaksikan pertunjukan musikal di Restaurant Nopparat.

Selamat tinggal Satri Si Suryothai Bangkok Thailand terimakasih sudah banyak memberi ilmu kepada kami. Dalam keadaan sehat selasa 4 Pebuari 2020 tepat pukul 17.10 rombongan SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta sebanyak 28 orang sampai di Adi Sucipto Yogyakarta.

Heriyanti
(Mugabarajan Yogyakarta)
================

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT