SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean 19 Wirobrajan

D. I. Yogyakarta

Sosialisasi Sekolah Ramah Anak

Rabu, 11 Maret 2020 ~ Oleh adminmuga-jhs ~ Dilihat 325 Kali

Sosialisasi sekolah ramah anak di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang dilaksanakan hari Selasa tanggal 10 Maret 2020 merupakan tindak lanjut dari kegiatan Inisiasi sekolah ramah anak yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak sebelumnya. Salah satu kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk menyamakan visi dan misi dalam tahapan pembentukan Sekolah Ramah Anak (SRA) guna menciptakan ruang bagi anak untuk berpartisipasi, terutama dalam perencanaan kebijakan, pembelajaran, pengawasan dan mekanisme pengaduan di Lingkungan Sekolah sesuai dengan usia.
Kegiatan diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari kepala sekolah, perwakilan guru, orang tua, dan siswa. Dalam acara Ibu Heriyanti,S.Pd.MM selaku Kepala Sekolah menyampaikan pesan bahwa Sekolah akan selalu melakukan pelayanan yang maksimal dalam semua aspek terutama dalam pelayanan sekolah ramah anak.




Selaku narasumber menghadirkan Ibu Samsiyam, M.Pd dan Ibu Indri dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak. Narasumber dalam paparannya menyampaikan materi terkait pelayanan sekolah yang ramah anak mengingat sekolah merupakan salah satu tempat bagi anak untuk tumbuh dan berkembang selain lingkungan keluarga dan lingkungan bermainnya, namun pada kenyataannya anak sekolah di lingkungan sekolahnya saat ini sangat rentan mengalami kekerasan dan bullying. Akhir-akhir ini banyak issue tentang kekerasan anak yang justru dialami di sekolah, Kekerasan anak di sekolah bisa terjadi karena beberapa faktor diantaranya adalah perbuatan bully yang sudah dianggap biasa di kalangan siswa di sekolah. Disamping itu juga disampaikan tentang hak anak.

Semoga dengan kegiatan ini dapat memberikan manfaat pada semua pihak baik bagi sekolah, orang tua, dan siswa khususnya dalam tercapainya target sebagai Sekolah Ramah Anak yaitu sekolah yang aman, bersih, sehat, hijau, inklusi, nyaman bagi perkembangan fisik, kognisi dan psikososial.

#Tim Humas Muga JHS#

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT