SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean 19 Wirobrajan

D. I. Yogyakarta

Pembagian Zakat Fitrah di Tengah Situasi Covid-19

Selasa, 19 Mei 2020 ~ Oleh adminmuga-jhs ~ Dilihat 335 Kali

Di tengah pandemi Covid-19 ini tidak mengurangi rasa kepedulian terhadap sesama bagi Keluarga Besar SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta, khususnya dalam penyaluran zakat fitrah. Menurut Kepala Sekolah Ibu Heriyanti, S.Pd. M. M. penyaluran zakat oleh sekolah pada Ramadhan tahun 1441 H kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yaitu sesuai himbauan pemerintah dengan menghindari kerumunan massa dan sesuai dengan protokoler kesehatan.

Pada kesempatan Ramadhan kali ini penyaluran zakat fitrah dilaksanakan selama dua hari tanggal 18 sampai 19 Mei 2020. Sekolah menyalurkan zakat fitrah berupa 540 paket beras dengan masing-masing 2,5 kg dengan sasaran warga lingkungan sekitar sekolah yang memang pantas untuk menerimanya, orang tua siswa kurang mampu dan juga didistribusikan ke Pondok Pesantren yang menjadi mitra SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta.


Secara teknis pun ada sedikit berbeda. Bagi orangtua siswa pemegang KMS dalam pengambilan zakat langsung hadir ke sekolah dengan tetap sesuai protokoler kesehatan, bermasker, berjarak dan cuci tangan. Sedangkan bagi masyarakat sekitar sekolah yang biasanya masyarakat penerima zakat langsung datang ke sekolah dengan menunjukkan kupon yg dibagikan lebih awal oleh pengurus IPM, untuk kali ini penyaluran zakat dilaksanakan oleh panitia langsung dengan didampingi guru pendamping yaitu kesiswaan, Al Islam dan BK. Zakat diserahkan pada Ketua RT setempat dengan didampingi 1 atau 2 masyarakat sebagai saksi proses penyerahannya. Selanjutnya didistribusikan ke warganya.

Terimakasih semua pihak yang telah membantu keterlaksanaan penyaluran zakat fitrah, semoga apa yang kita berikan dapat meringankan beban masyarakat yang membutuhkan.

#Tim Humas Muga JHS#

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT