SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean 19 Wirobrajan

D. I. Yogyakarta

Rapat Kerja Jelang Tahun Pelajaran 2020/2021 dan Songsong Milad SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jum'at, 10 Juli 2020 ~ Oleh admin-news ~ Dilihat 569 Kali

Mengawali tahun pelajaran baru 2020/2021 tentunya setiap sekolah akan melakukan persiapan, salah satunya melalui kegiatan Rapat Kerja. Demikian juga SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta secara rutin setiap tahunnya memprogramkan agenda tersebut. Pada kesempatan ini sekolah mengadakan kegiatan Rapat Kerja untuk menyiapkan program sekolah di Era New Normal Covid-19.
Tujuan pelaksanaan raker sendiri adalah menyiapkan seluruh perencanaan sekolah untuk mencapai keberhasilan sekolah dengan merancang program sekolah satu tahun ke depan. Rapar Kerja (Raker) dilaksanakan selama dua hari, yaitu tanggal 8 dan 9 Juli 2020, diikuti oleh seluruh guru karyawan, dan bertempat di Aula SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta dan tentunya diatur dengan mengikuti protokoler kesehatan. Pada raker kali ini sekolah bekerja sama dengan Tim PPM Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta dan seluruh acara dipandu oleh Ibu Mencik Rumiasih, S.Pd selaku Humas SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Berkesempatan hadir juga Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dan Perwakilan PDM Kota Yogyakarta. Raker tahun ini merupakan salah satu rangkaian awal dalam menyongsong Milad Muhammadiyah 3 ke-69.

Pada hari pertama, raker dibuka dengan pengantar Kepala Sekolah Ibu Heriyanti, S.Pd.MM. Beliau menyampaikan terkait kebijakan sekolah, bahwa “Keberhasilan sekolah tergantung dengan kinerja stake holder sekolah, yang meliputi Kepala Sekolah, guru, karyawan, siswa, orang tua, alumni, dan masyarakat. Apabila semuanya bekerja sama dengan baik maka sekolah akan berhasil dalam mencapai tujuan sekolah. Beliau menekankan bahwa dalam mengemas program sekolah harus dengan rencana yang baik".
Berkesempatan dalam pembukaan Bapak H. Sigit Haryo Yudanto, S.Psi (Bidang Dikdasmen dan lembaga Pesantren ) dari PDM Kota Yogyakarta mengawali pemaparan materi. Dalam uraiannya beliau menyampaikan bahwa pelaksanaan pembelajaran untuk sekolah di lingkungan Muhammadiyah Kota Yogyakarta tahun pelajaran 2020/2021 masih menggunakan daring. Tak lupa beliau menghimbau agar sekolah tetap memperhatikan protokoler kesehatan dalam melaksanakan kegiatan yang memang harus dilaksanakan di sekolah. Sebagai narasumber lainnya pada hari pertama adalah Bapak Prof. Slamet PH,MA,M.Ed,MA,MLHR,Phd dari UNY dengan materi Rencana Pengembangan Sekolah. Secara ringkas dari uraian materi dapat disimpulkan bahwa dalam menghasilkan suatu rencana diperlukan perencanaan yang baik. Sekolah harus mempunyai program sekolah yang terencana dalam melaksanakan roda pendidikan di sekolah. Satu hal yang perlu diperhatikan bahwa kualitas sekolah dapat dilihat dari proses pendidikan yang dijalankan. Di akhir kegiatan hari pertama dilaksanakan pendampingan secara langsung oleh Tim PPM dari UNY untuk 8 standar SNP pada penanggungjawab program sekolah.

Berlanjut pada hari kedua raker dengan agenda pembagian tugas dan pemaparan materi. Pada sesi materi antara lain disampaikan oleh pengawas Dinas Kota Yogyakarta terkait tentang penyusunan administrasi guru. Dalam pemaparannya guru dihimbau untuk membuat administrasi sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran secara daring dari buku kerja 1, 2 dan 3. Beliau juga meminta sekolah untuk menyusun program homevisit siswa. Pada waktu yang sama Bapak Buwono dari Dinas pendidikan Kota Yogyakarta memberikan pendampingan karyawan dalam mempersiapkan pelayanan publik di sekolah. Pemaparan lainnya oleh Bapak Dr. Joko Susilo, M.Pd yang menyampaikan terkait secara teknis dalam melaksanakan kegiatan sekolah yang sesuai protokoler kesehatan.
Sebagai persiapan dalam melaksanakan pembelajaran daring, semua guru diberikan pelatihan dalam membuat video pembelajaran yang menarik dan simpel. Mengingat selama pembelajaran daring besuk sekolah menggunakan aplikasi geschool maka guru diberikan tutorial proses penggunaan aplikasi tersebut.
Alhamdulillah serangkaian kegiatan raker berjalan lancar dan semua materi yang diberikan oleh narasumber telah tersampaikan, semoga apa yang telah dilalui selama dua hari dapat dijadikan bekal sekolah dalam mempersiapkan semua program sekolah untuk tahun pelajaran 2020/2021 dan dapat memberikan inspirasi pada seluruh guru dalam menyiapkan pembelajaran daring yang efektif, inovatif, dan tentunya bermakna bagi peserta didik di era new normal covid-19.
Terima kasih kami ucapkan pada bapak ibu guru karyawan dalam keikutsertaannya dan juga pada Tim Panitia yang telah membantu keterlaksanaan kegiatan rapat kerja.

# Tim Humas Muga JHS #

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT