SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean 19 Wirobrajan

D. I. Yogyakarta

Pengajian Peringatan Milad Ke-69 dan Penutupan Kegiatan MPLS dan Fortasi

Selasa, 21 Juli 2020 ~ Oleh adminmuga-jhs ~ Dilihat 62 Kali

Pengajian Peringatan Milad ke-69 dan Penutupan Kegiatan MPLS dan Fortasi

Jumat, 17 Juli 2020. Puncak peringatan Milad ke-69 SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta ditandai dengan pengajian yang dilaksanakan bersama dengan penutupan rangkaian kegiatan MPLS dan FORTASI. Acara ini dilaksanakan di aula SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta dan disiarkan secara langsung melalui streaming youtube. Oleh karena itu, seluruh siswa dan wali murid kelas VII, VIII, dan IX dihimbau untuk melihat siaran langsung melalui youtube agar bisa sama-sama memperingati milad SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta walaupun hanya melalui daring.


Acara yang dimulai pukul 08.00 ini diawali dengan pembukaan yang dipandu oleh Ibu Mencik Rumiasih, S. Pd selaku pembawa acara, pembacaan ayat suci Alquran oleh ibu Irsalina Surya Subagya, S.Pd.I, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Sang Surya dipandu ibu Desy Purnamawati, S.Pd dan laporan pelaksanaan kegiatan MPLS oleh ketua panitia bapak Suwahono, S.Pd. Selain laporan ketua panitia, penutupan MPLS ditandai dengan penyerahan siswa baru dari orang tua kepada pihak sekolah. Penyerahan siswa baru tersebut diwakili oleh salah satu wali siswa baru kelas VII Bapak Irjen Pol(P) Drs. Haka Astana, M.W, S.H. Beliau menyampaikan bahwa sebagai wakil dari 288 wali siswa baru, menitipkan putra putri mereka kepada bapak ibu guru SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta agar diberi bimbingan serta didikan ilmu pengetahuan umum dan lebih khusus lagi ilmu agama.

Penyerahan siswa oleh wali siswa baru kepada pihak sekolah, diterima oleh kepala sekolah ibu Heriyanti, S.Pd, M.M. Beliau sekaligus memberikan sambutan tentang milad ke-69 SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Beliau menerima kembali siswa baru dan menjelaskan kembali tata cara penerimaan siswa baru pada PPDB tahun ini yang sudah dimulai sejak bulan November 2019 melalui tiga tahap penerimaan. Beliau juga menyampaikan bahwa jumlah siswa baru di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta merupakan jumlah terbanyak di DIY. Sebuah pencapaian yang patut diapresiasi, di tengah pandemi ternyata tim PPDB beserta seluruh guru karyawan, di bawah kepemimpinan ibu Heriyanti, S.Pd, M.M. bisa mendapat banyak siswa. Beliau berharap semoga bisa amanah dalam menjalankan tanggung jawab dan kepercayaan dari wali siswa yang sudah menitipkan putra putrinya di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Acara berikutnya yaitu pemberian penghargaaan kepada siswa berprestasi yang berhasil meraih rangking 3 besar pada semester genap tahun pelajaran 2019/ 2020. Prosesi pemberian penghargaan dipandu oleh ibu Aprilia Kartika H, S.Pd. Siswa-siswa berprestasi tersebut adalah siswa kelas 7 yang naik ke kelas 8 dan siswa kelas 8 yang naik ke kelas 9. Pemberian penghargaan dilakukan oleh bapak Drs. Akhid Widi Rahmanto selaku ketua PDM Kota Yogyakarta.

Pihak sekolah berharap penghargaan tersebut dapat memotivasi siswa yang menerima agar selalu meningkatkan prestasi yang sudah diraihnya. Selain itu penghargaan tersebut semoga bisa menginspirasi siswa-siswa yang lain untuk lebih giat belajar dan bersaing menjadi yang terbaik dan berakhlak mulia. Pemberian penghargaan berikutnya diberikan kepada siswa baru yang berhasil menjadi juara pada perlombaan yang diadakan saat MPLS. Lomba-lomba tersebut diadakan untuk menjaring siswa yang memiliki bakat dan minat nonakademik. Harapannya ketika lahir juara-juara baru, lahir pula bibit-bibit unggul siswa berbakat. Tugas pihak sekolah adalah memfasilitasi bakat dan minat siswa-siswa tersebut agar semakin terasah. Harapan ke depan, siswa-siswa berbakat tersebut bisa diikutsertakan dalam perlombaan bakat minat yang nantinya akan bermanfaat bagi pengembangan bakat siswa tersebut dan bagi sekolah. Ucapan selamat kepada SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta disampaikan juga oleh bapak DR. Joko Susilo, M.Pd dari Majelis Dikdasmen PDM Kota Yogyakarta. Beliau mengajak untuk banyak bersyukur kepada Allah Swt, di tengah pandemi yang melanda ternyata SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta tidak tergilas dan luntur karena keadaan dan zaman. Hal tersebut dibuktikan dengan animo masyarakat sangat tinggi sebagai wujud kepercayaan masyarakat kepada SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Beliau memberikan selamat dan mengucapkan terima kasih atas perjuangan kepala sekolah berserta seluruh guru dan karyawan dalam menghidupan sekolah dengan total. Acara inti yaitu pengajian peringatan milad ke-69 yang diisi oleh bapak Drs. Akhid Widhi Rahmanto. Beliau memberikan tausiyah yang intinya bahwa sangat tepat ketika wali siswa menitipkan putra putrinya ke

SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Muatan kurikulum yang mengolaborasi muatan pelajaran umum dan keagamaan menjadi sebuah pilihan yang tepat di era sekarang ini. Hal ini terbukti dari testimoni alumni yang sudah ditayangkan di sela-sela acara. Dari semua alumni yang sekarang mengemban berbagai macam profesi ternyata semua menyampaikan bahwa pelajaran agama dan pembiasaan keagamaan di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta termasuk baik dan terbawa sampai mereka dewasa. Hal ini menjadi nilai lebih bagi SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang bisa ditawarkan kepada masyarakat di era sekarang ini. Era di mana semua serba amburadul dan terbolak balik karena banyak yang tidak melaksanakan ajaran agama dengan benar. Beliau menyampaikan bahwa akan putus amalan seseorang jika sudah meninggal dunia, kecuali tiga perkara yaitu sodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak solih. Itulah amalan dari  semua guru dan karyawan SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta yanh sudah berhasil mencetak generasi yang tidak hanya unggul di ilmu akademik, tetapi unggul juga dalam pengamalan ibadah di kehidupan sehari-hari. Semua rangkaian acara sudah terlaksana dengan lancar dan tanpa halangan apapun. Banyak doa dan harapan yang disampaikan pada peringatan milad ke-69 SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta ini.

Semoga harapan dan doa tersebut menjadi awal yang baik bagi perjalanan SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta agar semakin jaya, semakin mendapat di hati masyarakat, dan selalu sukses dalam kondisi dan era apapun. Jaya dan sukses selalu SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Tim Humas

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT