SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean 19 Wirobrajan

D. I. Yogyakarta

Kegiatan Pengembangan dan Evaluasi Program Geschool

Kamis, 06 Agustus 2020 ~ Oleh adminmuga-jhs ~ Dilihat 358 Kali

Kamis, 6 Agustus 2020 diadakan kegiatan pengembangan dan evaluasi program Geschool di aula SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Acara dimulai pukul 10.00 sampai pukul 12.00. Acara ini diadakan untuk memperdalam lagi penggunaan aplikasi geschool dan mengevaluasi kendala-kendala yang terjadi selama KBM daring kurang lebih 1.5 bulan ini.

Seperti kita ketahui, sudah 3 tahun ini SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta menggunakan geschool untuk menunjang KBM daring pada kelas IT yang menjadi salah satu program unggulan. Penilaian Tengah Semester (PTS) juga sudah dilaksanakan secara daring. Otomatis selama pandemi, ketika pemerintah mewajibkan KBM daring di semua sekolah, SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta tinggal meneruskan program daring melalui geschool ini.

Aplikasi geschool ini dipakai karena dianggap memiliki kelebihan daripada aplikasi untuk mengajar daring lain. Rekap presensi siswa, penilaian dari aplikasi, dan sistem yang lebih mendetail membuat geschool ini memudahkan guru-guru dalam mengajar daring terutama selama pandemi ini. Geschool juga bisa dihubungkan dengan orang tua sehingga orang tua bisa memantau aktivitas putra putrinya selama KBM berlangsung.

Narasumber adalah Pak Rio dari pihak geschool dan tim IT SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Pemaparan dari narasumber sangat menarik karena sangat detail. Seluruh bapak ibu guru yang hadir merespon dengan antusias. Hal ini menunjukkan semangat belajar bapak ibu guru sangat tinggi. KBM daring yang harus dijalankan kali ini tidak menjadi hambatan, tetapi justru menjadi tantangan untuk meningkatkan kompetensi mengajar terutama mengajar daring memanfaatkan kemajuan teknologi.

Semua kendala yang dihadapi oleh bapak ibu guru dijelaskan solusinya oleh narasumber dengan jelas. Harapannya, dengan adanya sosialisasi ini bapak ibu guru mengajar dengan lebih kreatif dan memberikan pelayanan maksimal kepada siswa. Selain itu secara tidak langsung bapak ibu guru meningkatkan kompetensi diri dalam menghadapi kemajuan teknologi.

Kepala sekolah, Ibu Heriyanti, S.Pd, M.M. yang mendampingi kegiatan sosialisasi dan evaluasi ini juga memberikan motivasi kepada seluruh guru SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Beliau menyampaikan bahwa bekerja adalah seni, maka kita harus menyikapinya dengan lentur, menghadapi hal sulit dan mudah dengan lapang sehingga akan terasa nyaman tanpa beban. Motivasi yang jika bisa dipahami maknanya sangat bermanfaat untuk meningkatkan semangat dalam bekerja. Beliau juga berpesan agar selalu berbagi ilmu baik melalui sharing, diskusi, dialog, atau FGD sehingga semua terasa ringan. Imbasnya pada kemajuan dan kualitas bersama.

 

Tim Humas Muga Jhs

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT