SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean 19 Wirobrajan

D. I. Yogyakarta

Geschool dan Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19

Jum'at, 29 Januari 2021 ~ Oleh adminmuga-jhs ~ Dilihat 233 Kali

Sudah hampir satu tahun kita menjalani kehidupan dan berdampingan dengan yang disebut virus covid-19. Itu artinya kita sudah harus terbiasa dengan kehidupan pada masa pandemi. Banyak hal dan kebiasaan yang harus diubah, tak terkecuali pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Sejak bulan Maret 2020 pemerintah melalui Kemendikbud mengumumkan untuk pelaksanaan BDR (Belajar Dari Rumah) selama masa pandemi covid-19 untuk meminimalisasi penularan virus ke peserta didik dari tingkat yang paling rendah (PAUD) sampai tingkat tertinggi (universitas). Kebijakan tersebut memaksa setiap satuan pendidikan untuk segera menyusun langkah yang paling efektif dalam pelaksanaan pembelajaran yang harus dilakukan secara daring karena tatap muka belum diperbolehkan sampai saat ini.

Sebagai sekolah yang selalu cepat tanggap atas hal yang terjadi termasuk di masa pandemi covid-19 ini, SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta mengambil kebijakan untuk menyelenggarakan pembelajaran daring menggunakan aplikasi Geschool. Aplikasi Geschool yang dulu hanya digunakan sebagai platform belajar daring di kelas ICT pada akhirnya digunakan oleh seluruh siswa selama pembelajaran di masa pandemi. Geschool merupakan sebuah aplikasi belajar daring yang dipilih oleh SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta karena berdasar pengalaman selama beberapa tahun sebelum pandemi menunjukkan banyak kelebihan daripada platform pembelajaran daring yang lain.

       

 

   

 

Guru-guru SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang sudah menggunakan Geschool merasa sangat terbantu dengan aplikasi tersebut. Cara pengoperasian yang mudah, kemudahan dalam mengelola kelas daring, hasil pekerjaan peserta didik yang langsung bisa dikoreksi oleh sistem, dan pengaturan waktu pembelajaran yang benar-benar sama seperti pembelajaran tatap muka. Proses pengunggahan materi dan latihan soal sangat mudah. Rekapan kehadiran peserta didik langsung muncul sehingga memudahkan guru dalam mengecek absensi peserta didik. Guru dan wali kelas bisa langsung mengambil tindak lanjut jika ada peserta didik yang tidak mengikuti pelajaran. Keunggulan Gechool yang lain yaitu bisa memuat link aplikasi lain seperti link youtube, googleform, googledrive, dan lain-lain. Hal ini berarti Geschool bisa mencakup platform pembelajaran daring lain, tetapi platform pembelajaran daring lain belum tentu bisa mengakses Geschool.

Semua peserta didik baik kelas VII, VIII, dan IX juga merasakan banyak kemudahan. Sistem pengoperasian Geschool yang menggunakan akun tersendiri seperti pengoperasian media sosial pada umumnya. Itu artinya, peserta didik sudah familiar dengan cara pengoperasian dan mengakses menu di dalam Geschool. Aplikasi yang tidak terlalu berat diakses dan tidak menghabiskan banyak kuota memudahkan peserta didik dalam mengakses Geschool dari gawai dan laptop atau komputer. Orang tua/ wali peserta didik juga bisa mengakses langsung Geschool untuk mengecek aktivitas putra/ putrinya dalam pembelajaran setiap hari. Ada koordinasi yang terjalin antara kepala sekolah, wali kelas, guru mata pelajaran, dan orang tua/ wali peserta didik dalam memantau dan mengorganisasi aktivitas pembelajaran peserta didik.

   

Begitu terorganisasi pembelajaran daring yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Pembelajaran tetap berjalan sesuai jam pelajaran saat tatap muka di luar masa pandemi. Hanya saja pembelajaran dialihkan melalui aplikasi karena peserta didik belum diizinkan tatap muka di sekolah dengan guru. Hak peserta didik tetap diberikan melalui aplikasi Geschool dengan menu yang sangat lengkap. Tugas guru tetap terlaksana dengan baik dengan menerapkan berbagai strategi dan media pembelajaran melalui Geschool. Tidak heran jika SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta mendapat penghargaan model pembelajaran jarak jauh dari Walikota Yogyakarta.

Oleh:
Aprilia Kartika Hidayah, S. Pd

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT