SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean 19 Wirobrajan

D. I. Yogyakarta

Kajian Seminar Virtual untuk Kelas IX

Selasa, 09 Maret 2021 ~ Oleh adminmuga-jhs ~ Dilihat 129 Kali

Kajian Seminar Virtual untuk Kelas IX

tentang Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Selama Masa Pandemi Covid-19

Kebijakan belajar dari rumah (BDR) yang diberlakukan oleh pemerintah selama pandemi covid-19 sudah berlangsung kurang lebih satu tahun. Banyak hal yang sudah dilakukan oleh seluruh jajaran di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta untuk bisa tetap amanah dalam menjalankan kewajiban terhadap seluruh peserta didik berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar.  Salah satunya yaitu kegiatan berkaitan dengan peserta didik kelas IX menjelang kelulusan. Mulai akhir bulan Februari ini diadakan kegiatan rutin setiap hari Jumat khusus untuk peserta didik kelas IX dengan agenda berkaitan motivasi belajar dan semua hal yang berhubungan dengan kelulusan. Kegiatan yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka, tahun ini masih harus dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom. Hal ini dikarenakan semua kegiatan pembelajaran masih harus dilaksanakan secara jarak jauh.

Agenda pertama dari rangkaian rutin untuk kelas IX dilaksanakan pada Jumat, 26 Februari 2021. Kegiatan pertama ini diisi kegiatan semacam kajian seminar virtual untuk peserta didik kelas IX. Materi yang dibahas pada kegiatan tersebut tentang motivasi belajar peserta didik dalam rangka menghadapi ujian di masa pandemi covid-19. Narasumber yang memberikan motivasi belajar adalah Ibu Mencik Rumiasih, S.Pd. Beliau merupakan guru BK SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang sudah sering mengisi acara di beberapa tempat yang berkaitan dengan pemberian motivasi untuk peserta didik. Narasumber menyampaikan motivasi dengan judul “Tips Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19”

Berdasarkan penjelasan yang disampaikan oleh narasumber, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar di masa pandemi covid-19. Hal tersebut yaitu :

  1. Manajemen waktu

Peserta didik harus bisa merencanakan dan mempertimbangkan penggunaan waktu yang dimiliki. Hal tersebut perlu dilakukan agar bisa menghadapi segala macam kemungkinan dan proses belajar menjadi lebih maksimal.

  1. Strategi belajar

Setiap peserta didik yang ingin tetap berprestasi harus merencanakan tindakan yang sistematis dengan memanfaatkan berbagai metode untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

  1. Motivasi yang kuat

Peserta didik harus memiliki motivasi yang kuat. Motivasi ini akan menumbuhkan semangat belajar. Salah satu hal yang bisa dilakukan yaitu menyugesti diri sendiri bahwa pembelajaran daring ini bukanlah hal yang berat. Sugesti tersebut akan memberikan energi positif sehingga motivasi belajar tumbuh dengan sendirinya. Sugesti dan motivasi tersebut yang akan membuat peserta didik menikmati proses pembelajaran daring yang sesungguhnya sangat dekat dengan kehidupan mereka sebagai generasi Y. Generasi Y adalah anak yang cedas dalam penggunaan teknologi digital karena mereka lahir saat teknologi terutama digital mulai berkembang pesat.

  1. Melindungi diri dan menjaga kesehatan

Menjaga kesehatan merupakan hal yang sangat penting dan utama di masa pandemi covid-19 ini. Tanggung jawab dari sekolah yang dibebankan kepada peserta didik, terkadang membuat mereka lupa dalam menjaga kesehatan. Selama pembelajaran daring ini peserta didik harus menjaga kesehatan dengan makan makanan bergizi, minum vitamin, dan menerapkan 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan). Kesehatan yang baik memudahkan peserta didik dalam belajar. Hal tersebut akan berkorelasi dengan prestasi belajar mereka.

Harapan ke depan dengan diawali memberikan motivasi belajar, seluruh peserta didik kelas IX termotivasi untuk tetap berpretasi walaupun masih di masa pandemi covid-19. Motivasi belajar yang tinggi juga berkorelasi dengan semangat hidup para peserta didik yang akan bermanfaat bagi masa depannya kelak. Seluruh peserta didik juga mendapatkan asupan untuk psikis mereka dengan adanya kegiatan seperti ini, sehingga tidak merasa tertekan dengan adanya berbagai macam penugasan dan pembelajaran yang dilakukan secara daring.

 

Oleh : Aprilia Kartika H.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT