SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean 19 Wirobrajan

D. I. Yogyakarta

Pembagian Masker dan Handsanitizer oleh SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta sebagai Wujud Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Jum'at, 19 Maret 2021 ~ Oleh admin-news ~ Dilihat 127 Kali

Sebagai sekolah adiwiyata nasional yang akan menuju adiwiyata mandiri, SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta selalu menerapkan gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS). Gerakan tersebut diwujudkan dalam kampanye penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jumat, 12 Maret 2021 divisi penerapan Perilaku Ramah Lingkungan Hidup (PRLH) bersama kader adiwiyata (peserta didik) Tim Adiwiyata Gemar Sejuk, melakukan kegiatan kampanye penerapan hidup sehat pada masyarakat yang berada di lingkungan sekitar sekolah. Kampanye tersebut diwujudkan dalam bentuk pembagian sekitar 200 masker dan handsanitizer kepada tukang becak, tukang parkir, ojek online, dan masyarakat yang berada di sekitar sekolah.

Pembagian masker dan handsanitizer dilakukan berdasar pada kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Seperti yang kita ketahui, data jumlah penderita Covid-19 dan proses penularan masih tinggi. Akan tetapi, masyarakat terlihat sudah mulai lengah dengan penerapan protokol kesehatan pandemi Covid-19. Banyak masyarakat yang justru harus berinteraksi dengan banyak orang kadang lengah dalam penggunaan masker dan menjaga kebersihan tangan. Hal ini sangat memungkinkan terjadinya penularan virus Covid-19. Oleh karena itu, tim adiwiyata Gemar Sejuk melakukan pembagian masker dan handsanitizer sebagai upaya mengampanyekan penerapan hidup sehat di masa pandemi Covid-19. Selain itu juga diharapkan, kegiatan ini bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk ikut serta menekan penularan virus Covid-19.

Pembagian masker dan handsanitizer ini merupakan agenda rutin SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan agenda ketiga yang dilakukan selama masa pandemi Covid-19 dan akan dilakukan  kembali secara berkala. Tidak hanya sebagai wujud kampanye hidup sehat, kegiatan ini merupakan kepedulian sekolah terhadap masyarakat sekitar. Kegiatan kampanye hidup sehat tersebut dilakukan dengan mengacu pada Pasal 1 Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor P.52/MENLHK/SETJEN/KUM.1/2019 tentang gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS). Sesuai dengan pasal tersebut, gerakan PBLHS merupakan aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring, dan berkelanjutan yang dilakukan sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan. Hal tersebut berarti ada kegiatan (aksi) yang harus dilakukan terus menerus oleh sekolah adiwiyata untuk peduli terhadap lingkungan sekitar sekolah.

Kepala SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta, ibu Heriyanti, S.Pd., M.M. sangat mendukung kegiatan tersebut. Beliau mengimbau kepada masyarakat sekitar agar tetap mematuhi protokol kesehatan pandemi Covid-19 dengan menerapkan 5M: mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Beliau berharap dengan penerapan tersebut, masyarakat tetap bisa beraktivitas seperti biasa dengan sehat dan terhindar dari virus Covid-19.

Oleh : Aprilia Kartika H, S.Pd

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT