SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean 19 Wirobrajan

D. I. Yogyakarta

Kemah Virtual Bakti Lingkungan Hidup Pandu Hisbul Wathon SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Senin, 31 Mei 2021 ~ Oleh admin-news ~ Dilihat 174 Kali

Hisbul Wathon (HW) sebagai ekstrakurikuler wajib bagi seluruh peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta memiliki agenda tahunan yaitu kemah. Pada masa pandemi seperti ini, kemah hanya bisa dilakukan secara virtual. Akan tetapi, tidak mengurangi tujuan dari kemah itu sendiri, pembina (HW) mengemas seluruh kegiatan dengan semenarik mungkin. Kemah virtual yang dilaksanakan melalui aplikasi zoom dan geschool tahun ini mengambil tema lingkungan. Oleh karena itu, kegiatan yang dilaksanakan bernama Kemah Bakti Lingkungan Hidup.

Tema lingkungan diambil sebagai wujud nyata perilaku yang sesuai dengan tujuan sekolah adiwiyata. Seperti kita ketahui SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang sudah mendapat gelar sekolah adiwiyata nasional ini sedang proses menuju adiwiyata mandiri. Proses ini harus bisa menghasilkan perubahan sikap seluruh warga sekolah tentang kepedulian terhadap lingkungan. Setiap kegiatan yang dilaksanakan di sekolah secara otomatis akan berbasis lingkungan dengan harapan jangka panjang menjadi kebiasaan cinta serta peduli lingkungan.

Pembina HW beserta tim adiwiyata menyusun rangkaian kegiatan dalam kemah virtual. Kemah virtual ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu Jumat, 28 Mei 2021 dan Sabtu, 29 Mei 2021. Ibu Heriyanti, S.Pd, M.M selaku kepala sekolah membuka kegiatan ini melalui zoom yang dihadiri oleh para pembina HW, seluruh wali kelas VII, dan seluruh peserta didik kelas VII. Setelah pembukaan dilanjutkan dengan webinar pandu HW yang diisi oleh Ramanda Ahmad Afandi. Webinar ini bertujuan memberi edukasi secara umum tentang pandu HW.

Acara berikutnya adalah webinar dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup. Webinar ini diisi oleh narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta yaitu Bapak Very Tri Jatmiko, S.Si, M.M. Seluruh peserta didik antusias mengikuti webinar dengan tema lingkungan ini. Mereka banyak menyampaikan pertanyaan terkait lingkungan yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah mendapat edukasi dari webinar, peserta didik mengikuti fun games yang dikemas oleh pembina melalui aplikasi Geschool. Games yang dilaksanakan secara virtual ini sangat menarik seluruh peserta didik untuk berkompetisi secara sehat dengan sesama. Kegiatan hari pertama diakhiri dengan giat aksi peduli lingkungan. Setiap peserta didik wajib mengumpulkan foto kepada pembina HW tentang aksi yang dilakukan yang berkaitan dengan peduli terhadap lingkungan sekitar tempat tinggal mereka.

Kemah virtual hari kedua diawali dengan pembiasaan berbasis karakter yaitu tadarus dan salat dhuha dari rumah masing-masing. Setiap peserta didik wajib melaporkan hasil pembiasaan ibadah tersebut kepada pembina masing-masing. Kegiatan berikutnya yaitu pengenalan alat penjernih air sederhana melalui zoom. Kegiatan ini diisi oleh para peserta didik yang menguasai inovasi tentang alat penjernih air. Mereka berbagi ilmu dengan teman-temannya. Diharapkan inovasi tentang alat penjernih air sederhana ini diketahui, dikuasai cara kerjanya, dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari oleh seluruh peserta didik.

Setelah kegiatan berkaitan dengan inovasi, giat berikutnya yaitu cerdas tangkas tentang HW yang dilakukan dengan mengakses aplikasi Geschool. Penutupan kemah virtual ini diikuti dengan pemberian hadiah kepada para peserta didik yang berprestasi dan aktif pada setiap kegiatan yang diadakan selama dua hari. Seluruh peserta didik merasa senang dengan kegiatan kemah virtual ini. Setiap kegiatan dimodifikasi dengan kreatif oleh para pembina HW sehingga ruh kemah yang sebenarnya bisa dirasakan. Semoga dengan diadakan kemah virtual bertema lingkungan ini, seluruh peserta didik kelas VII bertambah kemandiriannya, semakin cinta dan peduli lingkungan, dan mendapat penyegaran setelah melaksanakan pembelajaran daring selama berbulan-bulan.

 

Aprilia Kartika H.

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT