SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean 19 Wirobrajan

D. I. Yogyakarta

Sosialisasi Alat Penjernih Air Sederhana

Senin, 31 Mei 2021 ~ Oleh admin-news ~ Dilihat 185 Kali

Salah satu kegiatan dari rangkaian acara Kemah Virtual Bakti Lingkungan Hidup Pandu Hisbul Wathon SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta adalah sosialisasi alat penjernih air sederhana. Sosialisasi ini dilakukan melalui zoom pada hari kedua acara kemah virtual oleh kader adiwiyata kepada seluruh peserta kemah. Selain itu, sosialisasi ini dihadiri oleh kader adiwiyata dari sekolah imbas program adiwiyata dari SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta dan SMP Muhammdiyah 9 Yogyakarta.

Alat penjernih air sederhana adalah salah satu inovasi yang dimiliki oleh kader adiwiyata SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Kader adiwiyata melalui kegiatan kemah virtual yang bertema lingkungan ini, berbagi ilmu tentang inovasi yang sudah mereka terapkan. Harapan dari sosialisasi ini seluruh peserta kemah (peserta didik kelas VII) mengenal alat penjernih air sederhana dan tahu  cara kerjanya. Selain itu kader adiwiyata dari sekolah imbas yang mengikuti sosialisasi ini diharapkan juga hadi paham dan bisa menggunakan alat tersebut.

Sudah menjadi kewajiban kader adiwiyata berbagi informasi dan inovasi yang berkaitan dengan proses penyelematan lingkungan. Alat penjernih air sederhana ini bermanfaat untuk banyak hal. Alat ini bisa digunakan untuk : menurunkan tingkat kekeruhan air, menurunkan bau, rasa, dan warna, serta mengatur keasaman. Setelah mengetahui cara kerja dan manfaat alat penjernih air sederhana ini diharapkan seluruh peserta didik dan kader adiwiyata dari sekolah imbas bisa menggunakannya pada kehidupan sehari-hari. Proses penjernihan air juga termasuk salah satu menyelamatkan lingkungan karena mengubah air yang kurang layak menjadi layak pakai.

Oleh: Aprilia Kartika Hidayah, S.Pd.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT