SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean 19 Wirobrajan

D. I. Yogyakarta

MPLS dan FORTASI Peserta Didik Baru SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2021/2022

Senin, 12 Juli 2021 ~ Oleh admin-news ~ Dilihat 101 Kali

MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) dan FORTASI (Forum Ta'aruf dan Orientasi Siswa) kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta dimulai hari ini Senin, 12 Juli 2021.  Kegiatan ini akan dilaksanakan selama lima hari sampai dengan Jumat, 16 Juli 2021. Sesuai protokol kesehatan di masa pandemi covid-19 dan aturan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiagan Masyarakat) maka acara ini dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting.

 

Acara dibuka oleh Kepala Sekolah Ibu Heriyanti, S.Pd., M.M, beliau menyapa seluruh peserta didik baru, memberi motivasi, dan menyampaikan gambaran umum kegiatan sekolah. Acara ini dipimpin oleh ketua panitia, Bapak Suwahono, S.Pd selaku wakaur kesiswaan yang kebetulan juga menjadi ketua PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) tahun ini. Dipandu oleh Ibu Mencik Rumiasih, S.Pd dan didampingi oleh wali kelas VII, seluruh peserta didik yang berjumlah 227 (109 siswa laki-laki dan 118 siswa perempuan) mengikuti acara pembukaan dengan antusias tinggi.

 

Beberapa kegiatan disusun oleh panitia selama MPLS dan FORTASI ini. Hal utama yang diperkenalkan kepada peserta didik yaitu tentang profil sekolah dan profil bapak ibu guru. Selain itu semua program dan kegiatan yang ada di sekolah juga dipaparkan secara detail. Kegiatan tersebut berkaitan dengan ekstrakurikuler, program sekolah berwawasan lingkungan, literasi, dan berbagai penjelasan tentang Kemuhammadiyahan. Tidak lupa aturan dan penjelasan tentang protokol kesehatan covid-19 disampaikan juga oleh satgas covid SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Hal ini dilakukan agar seluruh peserta didik tetap mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat.

 

Selama MPLS dan FORTASI, panitia tidak lupa menjadwalkan pembiasaan salat duha. Setiap peserta didik diwajibkan mengirim bukti pelaksanaan salat duha kepada wali kelas masing-masing. Hal ini juga sebagai langkah pengenalan pembiasaan yang dilaksanakan di sekolah. Seperti kita ketahui saat pembelajaran daring ada pembiasaan yang wajib diikuti seluruh peserta didik yaitu tadarus pagi sebelum mulai jam pelajaran dibimbing guru dan wali kelas serta salat duha saat sebelum istirahat.

 

Semoga pelaksanaan MPLS dan FORTASI daring tahun ini berjalan lancar. Semoga seluruh materi yang diberikan bisa memberi wawasan kepada peserta didik baru tentang seluruh kegiatan di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Terima kasih kepada seluruh panitia dan bapak ibu guru berserga karyawan yang terlibat dalam acara ini.

 

Jaya selalu SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta...

 

 

Aprilia Kartika H.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT