SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean 19 Wirobrajan

D. I. Yogyakarta

Menebar Benih Ikan, Menebar Kebaikan

Sabtu, 02 Oktober 2021 ~ Oleh admin-news ~ Dilihat 132 Kali

Dalam rangka menyongsong Hari Habitat Sedunia yang jatuh tanggal 6 Oktober 2021, SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan sekolah imbas (SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta) bersama dengan HPAI (Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia) menebar benih ikan di Sungai Code, tepatnya di daerah aliran yang terletak di sebelah timur SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Kegiatan menebar benih ikan ini dilaksanakan hari Jumat, 1 Oktober 2021 pukul 12.30.

Acara ini dihadiri oleh bapak ibu guru tim adiwiyata dan kader adiwiyata (peserta didik) dari SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta dan SMP Muhammadiyah 9 sebagai sekolah imbas. Wakil kepala SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Ibu Dian Sriwidiarti, M.Pd. dan Kepala SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta, Ibu Margiyanti, S.Pd., M.Pd. menyambut baik kegiatan menebar benih ikan ini. Kegiatan ini bisa digunakan sebagai sarana untuk menanamkan karakter peduli lingkungan terutama peduli habitat makhluk hidup pada seluruh warga sekolah baik bapak ibu guru maupun kader adiwiyata serta seluruh peserta didik.

Ibu Ani Latifah, M.Sc. wakil dari HPAI menyampaikan bahwa penebaran benih ikan nila yang berjumlah 1000 ekor ini dilakukan dalam rangka menyelamatkan habitat ikan yaitu air sungai. Benih ikan yang ditebar adalah ikan nila karena ikan tersebut memiliki sifat unik yang mudah berkembang biak, tetapi tidak tahan terhadap limbah. Berdasarkan hal tersebut, benih ikan nila ditebar untuk menentukan level kebersihan dari air sungai sebagai habitat ikan tersebut. Indikator air sungai dikatakan bersih jika ikan nila dapat hidup dan berkembang biak dengan baik pada air sungai tersebut.

Kegiatan menebar benih ikan nila ini, diharapkan menjadi kegiatan menebar kebaikan. Harapan sekolah dan HPAI kegiatan  bisa memberi edukasi tentang karakter peduli lingkungan kepada warga sekitar daerah aliran sungai. Kader-kader adiwiyata yang ikut terlibat dalam kegiatan ini diharapkan juga bisa menanamkan karakter peduli lingkungan sejak dini. Membiasakan diri peduli terhadap lingkungan sekitar dari hal kecil. Hal kecil yang kita perbuat untuk lingkungan sekitar, akan berdampak besar bagi penyelamatan bumi kita.

Salam adiwiyata.

 

Aprilia Kartika H., S.Pd.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT