SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean 19 Wirobrajan

D. I. Yogyakarta

Webinar Pelajar Pancasila "Membangun Karakter Pelajar Pancasila yang Religius"

Rabu, 06 Oktober 2021 ~ Oleh admin-news ~ Dilihat 67 Kali

Sabtu, 2 Oktober 2021 PR IPM (Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah) SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta mengadakan Webinar Pelajar Pancasila dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Webinar kali ini mengangkat tema "Membangun Karakter Pelajar Pancasila yang Religius". Webinar diadakan oleh pengurus IPM dibawah bimbingan Bapak Suwahono, S. Pd. Dimoderatori oleh Fausta Sheva Aurelia Dinar, webinar berjalan lancar dari pukul 10.00-11.30 melalui zoom.

Mengawali acara webinar, Kepala SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Ibu Heriyanti, S.Pd, M.M. menyampaikan sambutan selamat datang kepada para peserta webinar dan menegaskan mengenai pentingnya penyelenggaraan kegiatan webinar dengan tema "Membangun Karakter Pelajar Pancasila yang Religius" ini. Beliau berpesan agar seluruh peserta didik mengikuti dengan serius dan menyerap ilmu webinar ini.

Narasumber Webinar Pelajar Pancasila kali ini yaitu Shidqi Prambudi (Motivator Milenial PD IPM Kota Yogyakarta). Narasumber menyampaikan materi dengan sangat menarik. Narasumber mengaitkan nilai-nilai dalam Pancasila dengan kehidupan remaja milenial masa kini. Penerapan nilai-nilai Pancasila berkaitan dengan agama juga dikupas tuntas dengan gaya yang menyenangkan dan mudah diterima oleh seluruh peserta webinar. Para peserta webinar mengikuti acara dengan antusias. Banyak peserta yang bertanya tentang hal berkaitan dengan tema webinar kepada narasumber.

Kesimpulan yang bisa ditarik dari hal yang disampaikan narasumber yaitu nilai-nilai dasar Pancasila menjadi sumber dari penguatan karakter bangsa Indonesia. Seluruh pelajar seharusnya bisa menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan, termasuk kehidupan beragama. Jika nilai-nilai Pancasila bisa diterapkan dengan baik maka kehidupan individu, sosial, dan agama akan seimbang. Keseimbangan tersebut berdampak positif bagi para pelajar baik dalam kehidupan saat ini maupun kehidupan mendatang.

Sebuah atmosfer yang layak untuk dikembangkan. Ide-ide kreatif pengurus IPM yang layak untuk diapresiasi. Kegiatan seperti ini harus sering dilakukan oleh PR IPM untuk menambah wawasan seluruh peserta didik SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

 

Aprilia Kartika H., S.Pd.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT