SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean 19 Yogyakarta

D.I. Yogyakarta

Sekolah di SMP Muhammadiyah 3 Jogja Tidak Mahal

Senin, 29 Januari 2018 ~ Oleh adminmuga-jhs ~ Dilihat 1149 Kali

Harianjogja.com, JOGJA-SMP Muhammadiyah 3 Jogja sudah mulai menerima pendaftaran siswa baru sejak awal tahun ini. Pihak sekolah mengimbau masyarakat tidak perlu takut mendaftarkan anaknya, karena biaya yang dikenakan tidak semahal yang dipikirkan.

Kepala SMP Muhammadiyah 3 Jogja Heriyanti mengakui, selama ini sebagian masyarakat agak enggan menyekolahkan anaknya di sekolah yang beralamat di Jalan Piere Tendean itu, karena khawatir harus membayar biaya sekolah dengan harga yang tinggi. Kekhawatiran ini muncul karena gedung kampus satu SMP Muhammadiyah 3 Jogja mirip seperti hotel. Padahal, menurutnya, biaya yang harus ditanggung siswa tidaklah mahal-mahal betul.

Heriyanti mengungkapkan, biaya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2018-2019 terbagi jadi tiga bagian. Pertama, uang operasional yang per tahunnya mencapai Rp3,5 juta, kedua seragam dan buku dan ketiga amal jariyah atau infak. “Untuk biaya seragam dan buku belum ada ketentuan. Kalau nanti buku pakai dana BOS, jadi enggak usah bayar. Kalau infak menyesuaikan kemampuan. Tidak benar infak di sini puluhan juta,” ucapnya di Aula SMP Muhammadiyah 3 Jogja saat memberikan paparan di hadapan beberapa guru SD, Sabtu (27/1/2018).

Bahkan, menurutnya, pihak sekolah punya kebijakan menggratiskan uang SPP dan infak bagi siswa yang tidak mampu atau pemegang Kartu Menuju Sejahtera (KMS), berprestasi nonakademik juara di tingkat provinsi dan memiliki Nilai Ujian Murni 25.00 ke atas. Heriyanti mengatakan, bersekolah di SMP Muhammadiyah 3 Jogja tidaklah mahal. Namun, ia mengklaim fasilitas yang ada sangat lengkap. Mulai dari ruang belajar kelas IT, bilingual dan unggulan, AC, LCD proyektor, internet, ruang multimedia, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, ia juga menyatakan SMP Muhammadiyah 3 Jogja memiliki sister school di Thailand, Singapura, Malaysia dan Korea Selatan. Pendaftaran siswa baru dan seleksi di SMP Muhammadiyah 3 Jogja dilaksanakan dalam empat tahap. Tahap pertama dari tanggal 3 Januari-24 Februari. Tahap kedua mulai 26 Februari-28 April. Tahap ketiga berlangsung pada 30 April-7 Juni. Sedangkan tahap terakhir akan disesuaikan dengan ketentuan Dinas Pendidikan Kota Jogja.

Wakil Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 3 Jogja Bidang Humas Mencik Rumiasih menambahkan, bersekolah di tempatnya mengajar itu murah, tapi tidak murahan. Ia mengatakan, sekolah dengan gedung yang menjulang tak selamanya mahal. “Banyak yang bilang kok berani pasang biaya murah? Bagi kami rezeki itu sudah diatur,” papar dia.

source: http://www.harianjogja.com/baca/2018/01/29/sekolah-di-smp-muhammadiyah-3-jogja-tidak-mahal-889219

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Heriyanti, S. Pd,. M. M

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Seraya memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, disertai perasaan bangga saya menuliskan kata Sambutan Kepala sekolah, setelah…

Selengkapnya

Our Quesioner

Bagaimana Perkembangan SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta?

LIHAT HASIL