SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean 19 Yogyakarta

D.I. Yogyakarta

Memaknai Kebersamaan

Jum'at, 09 Maret 2018 ~ Oleh adminmuga-jhs ~ Dilihat 183 Kali

Memaknai Kebersamaan...

Tak lagi menghitung-hitung untung dan rugi, yang ada bersama satu tujuan.

Badan Kerjasama Sekolah (BKS) Muhammadiyah Lintas Kota Yogyakarta mengadakan Studi Komparasi ke Malaysia dan Thailand yang di ikuti 65 peserta terdiri dari Kepala Sekolah SD, SMP, SMA dan Enam pejabat Majelis PDM Kota Yogyakarta.

SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta sudah lima kali mengadakan lawatan ke Malaysia dan ke Thailand, ini perjalanan saya yang ke-6 ke Thailand, saya yakin setiap lawatan ada cerita tersendiri yang dapat diambil hikmah pembelajaran.

Lelah semoga menjadi Lillah jika setiap aktivitas diniati kebaikan.

Sudah waktunya perut minta makan malam , rombongan sampailah di Restorant Bangkok masih di kota Penang,  makanan lezat khas Thailand yang masak orang melayu Malaysia, rasanya pas di lidah Jawa Indonesia .

Setelah badan kembali segar kuat, kembali  melanjutkan  perjalanan Explore Trip di Penang Malaysia - Hatyai Bangkok menggunakan Bus melewati jembatan terpanjang ke dua 13 Km, yang terpanjang 23 km yaitu jembatan yang menghubungkan Penang dan Thailand, oooh…indahnya jadi ingat Suramadu.

Pukul 22.00 sampai di Diamon Plaza Hotel Hatyai Thailand Selatan .

Hari kedua, pukul 07.00 rombongan menuju ke pusat kuliner muslim kita tidak makan di Hotel, kita pilih " Rombah Resto" restoran muslim  pelayannya semua berjilbab, ada nasi biryani, nasi putih, Nasi Lemak, berbagai lauk, tomyam, roti cane, bahkan ada kecombrang.

Bismillah . . .Siap melaju ke sekolah yang dituju yaitu sekolah muslim Songserm Sasana Vitaya Foundation School/SSVS. Sekolah komplek muslim yang terdiri dari TK, SD, SMP, dan SMA dengan jumlah siswa 2000 lebih.

Melihat gedung dan Fasilitas yang ada jauh lebih bagus dan lengkap ada di SMP Muh 3 Yogyakarta, namun saya bersyukur dan terharu di negara Budha masih banyak saudara Muslim, dan lebih sangat terharu . . ada yang menyapa/ memanggil Bu Heriii ya . . . dia dari salah satu guru di sekolah SSVS Thailand ternyata adalah mantan siswa SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta Astrin Arviani,  alumni tahun 2009 yang sudah 1 tahun menjadi guru di Thailand, Subhanalloh…dimana mana ada murid Muga Braja Yogyakarta.

Berjalan bersama orang -orang satu profesi yang memiliki beban tugas dan masalah yang sama rasanya lepas, langkah menjadi ringan , di dalam bus pun canda tawa  dan bahasan tetap seputar pendidikan , beda jauh tatkala jalan bersama para siswa ada suatu beban tanggung  jawab tak bisa lepas/lengah mengawasi siswa.

Di Thailand Selatan tidak banyak obyek wisata yang spektakuler seperti : Siam Ni Ramit di Bangkok, namun cukuplah untuk menghilangkan penat kita singgah di Four Faces Budha di Hatyai Municipal Park, Pantai Samila, Photo Group di patung putri duyung, acara dilanjutkan Shopping di Nora Plaza Market .

Hatyai, Thailand, 9 Maret 2018

Heriyanti Zain (Principal SMP Muh 3 Yogyakarta)


 

 

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Heriyanti, S. Pd,. M. M

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Seraya memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, disertai perasaan bangga saya menuliskan kata Sambutan Kepala sekolah, setelah…

Selengkapnya

Our Quesioner

Bagaimana Perkembangan SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta?

LIHAT HASIL