SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean 19 Wirobrajan

D. I. Yogyakarta

Smartphone for Smartstudent #TeknologiInformatika

Selasa, 05 Maret 2019 ~ Oleh adminmuga-jhs ~ Dilihat 316 Kali

Di era abad 21 begitu gencarnya  kemajuan teknologi, sampai- sampai para orang tua sangat ketakutan dengan dampak memiliki smartphone Android yang akhir-akhir ini sudah banyak mengubah perilaku anak. Bahkan hampir semua sekolah melarang siswa membawa HP, dan hal ini menyebabkan adanya pro dan kontra dari para siswa, orang tua dan bahkan para guru. Kenapa ada larangan membawa hp? Kenapa justru tidak di cari solusinya.

Kita tidak bisa membendung kemajuan teknologi tapi harus belajar,dan menyikapinya dengan tepat agar para siswa bisa memanfaatkan Android sebagai sumber belajar.

Akhirnya SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta memiliki alternatif, sebagai langkah awal menyediaan kotak penyimpanan smartphone, pada jam ke nol sebelum tadarus Al qur'an guru yang mengajar jam pertama terlebih dulu melakukan presensi siswa, sambil meminta siswa mengumpulkan hp nya di kotak yang di sediakan, kemudian guru yang mengajar jam pertama itu memimpin tadarus.

Pada jam berikutnya mulailah para guru dan siswa asyik melaksanakan pembelajaran. Seluruh mata pelajaran bisa menggunakan smartphone yang telah diberi program Geschool. Tentu saja pembelajaran disesuaikan dengan materi sesuai RPP.

Perubahan perilaku siswa beralih ke hal yang positif, tidak lagi ada smartphone hilang, tidak lagi para siswa menyimpan gambar/ video yang tidak bagus, smartphone yang di bawa betul-betul sebagai alat komunikasi dan pembelajaran. Ulangan Harian, PTS/Mid Semester bisa dilakukan dengan smartphone Android.

Geschool  adalah sebuah website jejaring sosial sama seperti facebook maupun twitter namun perbedaannya geschool berisi fasilitas pembelajaran secara online. Selain itu geschool juga menyediakan fitur pertemanan dengan menggabungkan kemampuan dari jejaring sosial lainnya sehingga layak untuk menjadi media sosial yang baik bagi para guru, peajar, alumni, orang tua, hingga masyarakat umum.

Keutamaan dari geshool itu sendiri yaitu dengan adanya fitur pembelajaran materi dan soal latihan yang tersedia secara lengkap dan gratis, yang dapat diakses di mana saja.

Dengan mendaftar sebagai member Geschool, bagi guru dapat membuat konten materi pelajaran dan latihan secara online bagi siswanya. Sedangkan bagi para siswa, dapat mengakses materi pembelajaran dan soal-soal latihan maupun ulangan dari di guru dimanapun siswa berada. Siswa dapat memanfaatkan soal latihan dari rumah dengan pilihan waktu/jam sesuai keinginan anak.

Selain itu di dalam Geschool juga terdapat simulasi soal-soal latihan untuk UNBK. Setiap minggunya terdapat soal-soal tryout yang dapat dimanfaatkan untuk belajar anak dari manapun mereka berada.

Kelebihan Geschool: tentu kini metode pembelajaran tidak selalu melalui tatap muka karena bisa secara online menggunakan geschool. Adanya latihan - latihan soal dan pemeriksaan soal bisa secara otomatis, dan mendapatkan materi pembahasan secara gratis.


Para guru bisa menjalin pertemanan, berbagi soal dan karyanya bisa di publish dan siap untuk di beri masukan dan sebaliknya kita bisa belajar dengan para guru dimanapun berada.

Semoga program geschool ini bisa menjadi solusi dari permasalahan penggunaan smartphone di kalangan pelajar.

Gallery Video:

Mugabrajan, Maret 2019

Written by:
Heriyanti, S. Pd,. M. M
Kepala SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Heriyanti, S. Pd,. M. M

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Seraya memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, disertai perasaan bangga saya menuliskan kata Sambutan Kepala sekolah, setelah…

Selengkapnya

Our Quesioner

Bagaimana Perkembangan SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta?

LIHAT HASIL