SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean 19 Wirobrajan

D. I. Yogyakarta

International Education Workshop 3/4

Kamis, 04 April 2019 ~ Oleh adminmuga-jhs ~ Dilihat 131 Kali

 

Day 3 and 4

Terlihat tadi malam Minggu 31 Maret 2019 para orang tua mengantar anaknya ke asrama Beijing College of Finance and Commerce, pantas saja Senin pagi Universitas ini ramai sekali. Di kantin kami perhatikan setiap anak mau makan mereka bayar cukup dengan menempelkan kartu atau Hp mereka yang sudah berbarcode, diruang kantin ada CCTV jadi semua bisa lihat bagaimana menu dimasak dan disajikan.

Setelah sarapan kami di jemput bus menuju ke Chaoyang disana ada lifeschool semacam sekolah SMP, SMA satu management dengan Beijing College of Finance and Commerce.

Sekolahnya luar biasa bagus, kami di bawa ke lantai 5 ruang 502. Ruangan ini tidak terlalu besar dengan desain kursi , meja yang menarik, papan tulis yang di kemas bagus ada Touch screen, papan tulis, White board, didesain jadi satu.

Langsung terinspirasi,  membayangkan, Muga Yogyakarta punya  di 2 kelas ICT.

Ada 3 hal yang akan dipelajari hari ini. Materi pertama adalah  Chinese Language Program, di kelas ini siswa belajar memperkenalkan diri menggunakan bahasa Mandarin. Acara kedua adalah Chinese Calligraphy, dalam kelas ini para siswa belajar menulis huruf China dengan menggunakan kuas, membuat kaligrafi, anak-anak sangat senang karena seluruh alat yang dipakai boleh di bawa pulang.

Setelah kelas kedua ini para siswa diajak ke kantin dan setelahnya diberikan waktu untuk istirahat dan tidur siang, kebiasaan para siswa istirahat siang adalah tidur.  Setelah istirahat materi berikutnya adalah Outdoor Sports activities. Para siswa sangat menikmati kegiatan ini karena mereka dapat perkenalan dalam memanfaatkan waktu untuk berolahraga.

Setelah pembelajaran selesai, kami diajak oleh Mr.Lee ke taman  hiburan, yang pengunjungnya para pensiunan. Rata-rata pengunjung sudah tua. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan menuju dormitory dengan menggunakan MRT.

Hari berikutnya kami dijemput lebih awal,agar terhindar dari macet. Sama seperti kemarin,semua kegiatan pada hari keempat ini terpusat di lantai 5 ruang 502. Acara yang pertama adalah Chinese Class dimana para siswa mempraktekkan menyapa dan memperkenalkan diri dalam bahasa Mandarin.

Sesi kedua adalah Learning Chinese Culture yang menitikberatkan pada perkenalan tentang Chinese Opera. Pada sesi ini para siswa ditunjukkan tentang contoh Opera tradisional China,dan setelahnya mereka mencoba menyanyikan sebuah lagu dengan dipandu oleh para siswa dari college ini.

Setelah istirahat kami diminta untuk mengikuti program Mask Painting dimana telah disediakan sebuah topeng dan contoh pola untuk dilukis. Hasil lukisan topeng tersebut dapat dibawa pulang. Selain melukis topeng,dalam sesi ini juga ditunjukkan peragaan pakaian tradisional tiongkok, dimana para siswa diberi kesempatan untuk mencoba pakaian tersebut dan lalu berfoto.

Semua siswa pelajaran hari ini sangat menyenangkan. 

Beijing, 2 April 2019

Written by:
Heriyanti, S. Pd,. M. M

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Heriyanti, S. Pd,. M. M

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Seraya memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, disertai perasaan bangga saya menuliskan kata Sambutan Kepala sekolah, setelah…

Selengkapnya

Our Quesioner

Bagaimana Perkembangan SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta?

LIHAT HASIL