SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean 19 Wirobrajan

D. I. Yogyakarta

International Education Workshop 5/6

Sabtu, 06 April 2019 ~ Oleh adminmuga-jhs ~ Dilihat 129 Kali

Day 5 & 6

International Education Workshop

Sudah satu minggu kami berada di Beijing China, Alhamdulillah . . . Obat- obatan yang  kami bawa utuh. Tak satu pun yang membutuhkan karena sakit. Hal ini kita rasakan setelah berjalan kaki dengan irama serba cepat,tidak sering duduk-duduk,  keteraturan itu membuat sehat.

Pagi ini kami semangat karena tahu dari jadwal masih ada pembelajaran bahasa China mengenal angka dan budaya. Disamping itu ada pembelajaran penyajian teh, karena sudah lama ingin teh panas. Salah satu hal yang menarik adalah para siswa bergantian memberi pelajaran bahasa Indonesia kepada pelajar China.

Siswa SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta rupanya sudah bisa berhitung dalam bahasa mandarin dari 1 sampai 10, kemudian guru melanjutkan melengkapi dengan tulisan China, pada saat saling mengenal budaya, guru membuka Touch Screen, lalu memutar lagu Indonesia yang sangat terkenal di China. Laoshi yang cantik dengan lincahnya mengajak nyanyi sambil bilang ini "lagumu yang sangat cantik" para siswa hanya bengong karena yang di putar lagu Tapanuli/Batak, malu rasanya sayapun hanya bisa mringis. Pentingnya mengenal budaya sendiri dari berbagai daerah, "colek guru seni budaya", setelah diulang beberapa kali kami mencoba bernyanyi bersama.

Makan siang kali ini di kantin khusus para Guru sangat enak, sayur, telur dan oseng-oseng daging sapi dan jamur, ikan filet asam manis, buah dan susu /yoghurt, meja kami selalu tertata Reserved VIP. Setelah makan siang kami sholat dilantai 2 ruang istirahat.

Pelajaran berikutnya Membuat dan menyajikan teh. Sebelumnya  diperkenalkan lebih dulu peralatan yang diperlukan dalam membuat teh, lalu dijelaskan berbagai jenis teh : Jasmin, black tea, yellow tea, white tea.

Cara memegang gelas, menyuguhkan pada orang tua juga ada aturannya.  Pelajaran ini sangat bagus sayang anak-anak muda sekarang bilang kok ribet, lebih suka memilih teh celup, haa?

Tibalah di hari terakhir di sekolah ini seperti biasa kita di jemput mobil kemudian sampai di sekolah. Dibawa ke aula lantai 3 menyaksikan performance dari para siswa China yang tergabung dalam OSIS. Sebuah tarian mandarin yang meliuk-liuk, kemudian dance, remaja China Prank juga.

Giliran siswa Muga dipersilahkan tampil, pertama membawakan lagu Indonesia Pusaka dan lagu para siswa memberikan suprise dengan menyanyikan lagu Mandarin berjudul Pengyou yang ngetop juga di China, akhirnya semua bergabung nyanyi bersama.

Acara ditutup dengan pidato Kepala sekolah dan saling menukar cindera mata.

Setelah acara di sekolah selesai,kami melanjutkan untuk sholat Jum'at di masjid NiuJie, sholat jum'at di mulai pukul 13.30 waktu china. Masjid ini merupakan masjid tertua di Beijing. Bangunannya unik dengan arsitektur khas Tiongkok. Di dalam ruangan ada perpaduan antara ornamen Timur Tengah dan Tiongkok.

Dalam perjalanan ke masjid kami melihat banyak orang yang antri di depan sebuah bangunan. Ternyata mereka antri untuk berbelanja dengan harga murah khusus di hari Jumat di supermarket dekat Masjid.

Begitu tiba di masjid kami bertemu dengan muslim China yang juga datang ke masjid untuk menjalankan sholat Jumat, ada juga yang dari Makasar, jakarta dan  timur tengah.

 

Beijing, 4 April 2019
Written by:
Heriyanti, S. Pd,. M. M

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Heriyanti, S. Pd,. M. M

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Seraya memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, disertai perasaan bangga saya menuliskan kata Sambutan Kepala sekolah, setelah…

Selengkapnya

Our Quesioner

Bagaimana Perkembangan SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta?

LIHAT HASIL