SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean 19 Wirobrajan

D. I. Yogyakarta

Muhasabah Jelang UN Kelas 9 SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Sabtu, 06 April 2019 ~ Oleh adminmuga-jhs ~ Dilihat 212 Kali

Keberhasilan peserta didik dalam ujian akhir tentunya banyak faktor yang mempengaruhi. Segala usaha secara materi ditempuh untuk menuju kesuksesan dalam ujian. Kesuksesan itu tidak tercapai secara kebetulan tetapi  dengan persiapan yang mantap bersama metode yang tepat.

Namun demikian kesiapan secara materi ilmu pengetahuan belum menjamin keberhasilan siswa dalam kesuksesan ujian akhir. Masih ada usaha spiritual yang kadang diabaikan. Permohonan doa kepada Allah akan menyempurnakan segala usaha yang telah dilakukan.

Motivasi ke anak akan pentingnya doa perlu dilakukan. Allah akan mengabulkan semua doa yang dipanjatkan hambanya. Seandainya belum terkabul pun itu karena masalah waktu saja, dan yakin tentunya akan digantikan dengan kenikmatan yang lainnya. Tetap tenang dan terus berikhtiar untuk kesuksesan ujian akhir.

Hari Kamis dan Jumat tanggal 4-5 April 2019 SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta menggelar Achievement Motivation Training (AMT) dan Muhasabah bagi siswa kelas IX bersama Pancaran Qolbu Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi bagi siswa menjelang Ujian  Nasional tahun 2019. Kegiatan AMT  diikuti seluruh siswa kelas IX beserta orang tua masing-masing. Tak lupa acara dihadiri guru dan karyawan SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Sebelum acara inti, diawali dengan sholat isya berjamaah.

Dalam sambutannya Ibu Mudiah, S.Pd mewakili Kepala Sekolah menyampaikan bahwa siswa harus siap dalam menghadapi ujian nasional untuk mencapai kesuksesan.

Mas Ipung dalam AMT nya menekankan bahwa ada 3 pilar dalam pendidikan, yaitu orang tua, guru, dan siswa itu sendiri. Ketiganya harus ada komunikasi satu arah dan keterbukaan. Beliau juga menyampaikan bahwa hidup ini ada 3 kunci yaitu iman, ilmu, dan amal. Dengan iman yang kuat maka akan mudah mencari ilmu. Hal lain yang perlu diperhatikan bahwa ada 4 aksi sukses adalah jaga sholat, membaca alquran, belajar tiga waktu, dan perbaiki akhlak.

Di akhir kegiatan AMT para siswa diajak menyaksikan pemutaran video tentang motivasi hidup sambil merangkul orang tua masing-masing. Sebait kalimat yang luar biasa "Jika melihat kesungguhan dan tekad yang bulat semua impian tidak  mustahil untuk dicapainya. Sejatinya dengan kesungguhan dan tekad yang bulat yang dilandasi kerja keras akan mampu menaklukan segala tantangan".

Acara diakhiri dengan muhasabah bersama memohon pada Allah untuk kesuksesan bersama.

Semoga dengan kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi siswa, orang tua dan civitas SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta dalam mencapai kesuksesan Ujian Nasional.

#Salam Sukses dalam Ujian Nasional#

Tim Humas Muga JHS

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Heriyanti, S. Pd,. M. M

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Seraya memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, disertai perasaan bangga saya menuliskan kata Sambutan Kepala sekolah, setelah…

Selengkapnya

Our Quesioner

Bagaimana Perkembangan SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta?

LIHAT HASIL