SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean 19 Wirobrajan

D. I. Yogyakarta

Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta Mengikuti AGCU (Academic General Check Up)

Kamis, 11 Nopember 2021 ~ Oleh admin-news ~ Dilihat 148 Kali

Rabu dan Kamis, 10-11 November 2021 (selama dua hari) seluruh peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta mengikuti AGCU (Academic General Check Up) yang diselenggarakan oleh Eduprime. Pelaksanaan ujian hari pertama dimulai dari pukul 08.00 - 09.30 WIB (durasi 90 menit). Materi yang diujikan hari pertama adalah Bahasa Indonesia sebanyak 15 soal dengan waktu pengerjaan 45 menit, learning style (gaya belajar) sebanyak 48 soal dengan waktu pengerjaan 25 menit, dan psychology potential sebanyak 24 soal dengan waktu pengerjaan 20 menit. Pelaksaaan ujian hari kedua dimulai pukul 08.00 - 10.15 WIB (durasi 135 menit). Materi yang diujikan hari kedua yaitu Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA dengan masing-masing mata pelajaran 15 soal dengan durasi 45 menit (total durasi 135 menit).

Seluruh peserta didik bisa mengakses ujian dengan membuka eduprime.co.id melalui perangkat (gawai dan laptop) mereka masing-masing. Diawasi oleh bapak ibu guru yang bertugas, ujian dilaksanakan di kelas di kampus 1. Setiap kelas digunakan oleh 16 peserta didik.ada pelaksanaan Asesmen Academic General Check Up, peserta didik selalu menerapkan protokol kesehatan mulai dari menggunakan masker, mengukur suhu, dan menjaga jarak. Pelaksanaan AGCU berjalan lancar karena peserta didik sudah terbiasa mengikuti pembelajaran daring saat pembelajaran di sekolah selama pandemi ini.

AGCU ini merupakan metode untuk mengukur kesiapan peserta didik dalam menghadapi ujian yang dikembangkan oleh Eduprime. Academic General Check Up (AGCU) dilakukan untuk memantau tingkat akademik, mengetahui ketuntasan materi, tipe belajar, dan kondisi psikologi anak. Bagi sekolah, AGCU digunakan sebagai data sekolah untuk mengetahui karakteristik peserta didik. Hal yang diujikan pada AGCU mencakup aspek akademik meliputi penguasaan dan ketuntasan materi pelajaran (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris) serta aspek non akademik berupa kondisi psikologi meliputi learning style (gaya belajar), adversity quotient (daya juang), emotional quotient (kecerdasan emosi), dan achievement quotient (motivasi berprestasi).

 

Aprilia Kartika H., S.Pd.

KOMENTAR

Heriyanti,S.Pd, M.M - Kamis, 11 Nopember 2021

semoga mutu pendidikan semakin terdepan, dan SMP Muh 3 Yogyakarta sukses selalu

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT