SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean 19 Wirobrajan

D. I. Yogyakarta

Hasil Karya Adalah Penghargaan Yang Terbaik

Jum'at, 26 Nopember 2021 ~ Oleh admin-news ~ Dilihat 618 Kali

Betapa pentingnya arti sebuah penghargaan. Penghargaan, dalam bentuk apapun dapat membangkitkan semangat seorang yang diberi penghargaan tersebut, bahkan ada semangat yang besar pula dari sang pemberi penghargaan. Seseorang yang diberi penghargaan akan semakin bersemangat bekerja, dia merasa diperhatikan dan dibutuhkan oleh banyak orang dan timbul suatu motivasi (kekuatan atau dorongan yang timbul dari dalam diri) untuk dapat bangkit, mempertahankan value dan menyalurkan talenta. Untuk itu janganlah kita menganggap remeh atas sebuah penghargaan.

Penghargaan dapat diberikan oleh seorang pemimpin atau dari kolega, dari guru, bahkan dari para siswa ke guru. Penghargaan bukan hanya dengan memberikan sesuatu yang dapat dinikmati atau dilihat atau dimanfaatkan, namun sebuah penghargaan dapat diberikan kepada seseorang melalui pujian. Seorang guru diharapkan rajin memberikan pujian kepada siswanya, memberikan ucapan selamat saja, tidak selalu harus memberikan hadiah, saya yakin dalam diri siswa sudah merasa termotivasi. Penghargaan biasanya diberikan pada saat moment tertentu.

Pada hari Rabu 24 Nopember 2021 surat edaran yang saya buat sudah sampai di tangan siswa dan guru, bahwa karena hari kamis, 25 Nopember 2021 bertepatan dengan HUT PGRI Ke-76, para siswa belajar di rumah, dan para guru dan karyawan semua hadir di sekolah akan mengikuti webinar dari PGRI dan undangan dari PWM Daerah Istimewa Yogyakarta mengikuti Zoom dengan narasumber Prof. Dr. K.H Haedar Nashir, karena waktu yang bersamaan maka saya membagi para guru dan karyawan menjadi dua kelompok.

Setelah mengikuti webinar saya menuju Aula di lantai 3, sesampai di Aula SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta sudah ditunggu para guru dan banyak siswa pengurus IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah), bahkan ada beberapa orang tua, keren ada acara yang diadakan oleh IPM dibawah bimbingan Bapak Suwahono, dkk. Sampailah pada acara yang sangat membuat saya terkejut, terharu bercampur bangga, setelah menyanyikan Hymne Guru dari arah belakang ada dua siswa membawa bouquet bunga dan kue menggandeng tanganku menuju panggung, siswa yang bertugas menjadi MC menyatakan terimakasih kepada kepala sekolah yang selalu menginspirasi dan berdedikasi, terimakasih kepada para guru yang tidak pernah lelah membimbing para siswa, dan dalam pidato orang tua yang di wakili oleh Bapak Abdullah Abidin, S.Sos. mengatakan semua nasihat guru akan selalu dikenang para siswa, bahwa guru adalah agent perubahan perilaku bagaikan menulis nasehat diatas batu.

Ada penghargaan dengan beberapa kategori juga diberikan kepada guru yaitu kategori guru yang paling rajin menyapa siswa dipagi hari, guru yang paling bersahabat, guru yang menggunakan model pembelajaran menarik, dan guru yang baik. Saya semakin heran bagaimana kriteria yang digunakan para siswa, guru yang terpilih bisa tepat sekali menurut saya. Acara semakin seru dilanjutkan dengan pembagian doorprize.

Bersamaan dengan hari guru, saya terinspirasi patutlah sekolah segera memberikan penghargaan juga kepada para guru dan karyawan karena selama ini sudah sangat baik kinerjanya. Ibu Ima Rochmayati adalah pustakawan terbaik Nasional Tingkat SMP membawa kabar baik, bertepatan di hari guru telah terbit lagi karya siswa buku antologi kumpulan cerpen. Alhamdulillah banyak penghargaan semua demi kemajuan sekolah.
Selamat Hari Guru, berikan yang terbaik karya kita untuk bangsa.

 

Heriyanti, S.Pd., M.M.

Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT