SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean 19 Wirobrajan

D. I. Yogyakarta

Belajar dari Tamu

Jum'at, 17 Desember 2021 ~ Oleh admin-news ~ Dilihat 669 Kali

Era New Normal, banyak beragam uji coba kegiatan, sudah ada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT), ada Studi Banding saling berkunjung bersilaturahim, Studi Tour, dan ada juga yang melaksanakan Baitul Arqom. Sudah dua tahun SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta tidak ada wisata bersama guru dan karyawan apalagi wisata siswa. Saat acara rapat dinas di Aula terjadi sharing, ada perwakilan guru mengajukan pertanyaan "Ibu, apakah kita belum boleh melakukan wisata untuk refreshing, kan sudah selesai Penilaian Akhir Semester (PAS)?", spontan/respect saya menjawab "Boleh saja mari kita refreshing yang dekat saja seharian kita jalan-jalan ke pantai Klayar Pacitan". Akhirnya pada hari Sabtu, 11 Desember 2021 lega rasanya saya sudah membersamai para guru dan karyawan melaksanakan wisata sekadar untuk refreshing.

Alhamdulillah pulang dari Pacitan tetap sehat, senang, tidak terasa lelah, pada hari Ahad semestinya untuk istirahat tetapi Ahad pagi saya sudah menuju sekolah dan ke Hotel Andika Putera untuk memastikan kamar buat para tamu yaitu rombongan SMP Muhammadiyah Pamekasan Madura dan SMA Muhammadiyah Kota Jayapura Papua, yang akan hadir di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Senin, 13 Desember 2021 pada pukul 08.00 rombongan dari SMP Muhammadiyah Pamekasan Madura yang dipimpin ustadz Zaini hadir di SMP Muh 3 Yogyakarta. Kami saling sharing, sungguh saya salut kepada teman-teman Pamekasan semangatnya luar biasa, di Kabupaten Pamekasan hanya ada 1 SMP Muhammadiyah dan tidak ada SD Muhammadiyah, dan Madura mayoritas bukan Muhammadiyah tentu hal yang tidak mudah dalam membesarkan sekolahnya. Saya mengenal ustadz Zaini sejak tahun 2010 sewaktu menjadi Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah Gombong saya hadir membersamai Prof Dr.Imam Robandi seminar akbar di benteng Vander Wijk, kemudian Ustadz Zaini pindah memimpin Sekolah Entrepreneur di Pasuruan, beliau memang sangat gigih. Semoga kami dapat berkunjung bersilaturahim ke Pamekasan, seperti pada saat ustadz Zaini di SPEAM Pasuruan.

Selasa, 14 Des 2021 pukul 07.00 SMA Muhammadiyah Kota Jayapura sudah hadir di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta, akan mengadakan Baitul Arqom bagi guru dan karyawannya. Assalamu'alaikum bunda Her ketua rombongan menyapa, langsung saya jawab "wa'alaikumsalam, maaf bapak apakah sebelumnya bapak pernah bertemu saya?", jawab beliau "kita sudah cukup lama berteman bund, saya sangat mengenal bunda dari tulisan yang menginspirasi di IRo Sosiety dan grup JPSM, saya pak Udin, hanya di grup saya baru menyimak saja".Woouw saya sangat kagum, ini luar biasa, mengadakan Baitul arqom di Yogyakarta selama 5 hari dengan narasumber langsung dari pakarnya yaitu MPK PP Muhammadiyah.
Baitul Arqom ini dipandu oleh MoT (Master of Training) dari PP (Pimpinan Pusat) Muhammadiyah. Acara dilaksanakan dari pukul 07.30-20.30 WIB di aula kampus 1 (lantai 3).

Baitul Arqom adalah suatu bentuk Perkaderan Muhammadiyah yang merupakan modifikasi atau penyesuaian dan penyederhanaan dari Darul Arqom yang berorientasi pada pembinaan ideologi dan kepemimpinan warga Muhammadiyah untuk menciptakan kesamaan dan kesatuan sikap, integritas, wawasan, dan cara berpikir di kalangan pimpinan maupun anggota persyarikatan dalam melaksanakan misi Muhammadiyah.

SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta ditunjuk oleh PDM Kota Yogyakarta Ketempatan menerima di hari selasa, untuk hari Rabu di SD Muh 3 wirobrajan yogyakarta, hari kamis ada di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, dan hari jum'at di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta semua berada di wilayah Pimpinan Cabang Wirobrajan. MCCC Kota Yogyakarta bekerjasama dengan satgas Covid sekolah dengan sigap mengatur prokes dan diawali dengan registrasi peserta, rombongan keluarga besar SMA Muhammadiyah 1 Kota Jayapura datang lalu segera cuci tangan dan cek suhu sesuai protokol kesehatan,setelah itu para tamu dites Genose di depan UKS SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Tujuan tes ini untuk mengetahui kondisi kesehatan bapak ibu guru dari SMA Muhammadiyah Jayapura meskipun semua rombongan saat keberangkatan sudah melakukan tes PCR. Mereka menuju Aula lantai 3 jika hasil tes sudah keluar dan dinyatakan negatif dari virus covid-19. Sembari menunggu hasil tes, beberapa perwakilan dari SMA Muhammadiyah Kota Jayapura beramah tamah dengan Kepala SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta selaku tuan rumah. Perwakilan dari PDM Kota Yogyakarta sekaligus sebagai ketua MCCC Bapak Drs. Sigit Yudanto, M.Psi. turut hadir mendampingi para peserta Baitul Arqom. Begitu juga hadir ibu Nurfin Moha beserta suami dari Sorong, Papua Barat kebetulan beliau sedang ada di yogyakarta.

Acara diawali dengan pembukaan. Pembukaan, qalam illahi, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Sang Surya, dan Lagu Papua, dilanjutkan sambutan dan penyerahan peserta secara simbolis dari Kepala Sekolah kepada MoT BA (MPK PP Muhammadiyah). Seperti yang kita ketahui dalam Baitul Arqom akan ada pretes di awal kegiatan, orientasi, dan kontrak belajar. Acara dilanjutkan dengan penyampaian tiga jenis materi yang wajib dikuasai oleh para peserta Baitul Arqom. Materi pertama tentang Hakikat Islam (Peran Tauhid dalam Kehidupan) oleh Dr. H. Ari Anshori, M.A. Materi kedua tentang Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah oleh H. Sukriyanto A.R, M. Hum. Materi ketiga yang paling dinanti, tentang Lahan dan Agenda Dakwah Muhammadiyah disampaikan oleh Prof. Dr. H. M. Amien Rais, M.A. hadir pada pukul 19.00-20.30 WIB.

Seperti biasanya jika ada para tokoh hadir di sekolah, segera saya mempersiapkan diri, meminta testimoni dan mengajak pengurus IPM SMP Muh 3 Yogyakarta berkesempatan bertemu dengan Bapak Amin Rais untuk wawancara, semua berita akan dimuat di majalah sekolah "CeRia". Tepat pukul 18.40 bapak Amin Rais hadir di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta, saya ikut menyambut bersama panitia "beliau sangat terkejut menyampaikan bahagianya melihat sekolah Muhammadiyah yang bagus, bersih, begitu transit di ruang meeting lantai 2 beliau berkata "sekolahnya seperti Hotel", kemudian mulai sharing dan memberi Testimoni, kemudian menuju Aula memberi materi Baitul Arqom. Materi yang disampaikan oleh Prof. Dr. H. M. Amien Rais, M.A tersebut sekaligus menjadi penutup rangkaian acara di hari pertama. Hari ini hari terahir Baitul Arqom, seluruh kegiatan berjalan lancar tanpa halangan apapun.

Tetap terapkan protokol kesehatan, semangat dan terima kasih atas silaturahim, kebersamaan dengan kami keluarga besar SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta, sungguh saya banyak belajar dari para tamu, terimakasih, PCM Wirobrajan yang selalu memberi kesempatan dan motivasi, terimakasih IRo Society sehingga SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta banyak saudara, sampai jumpa di lain kesempatan.

 

 

Yogyakarta, 17-12-2021

Heriyanti, S.Pd., M.M.

Kepala SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT