SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean 19 Wirobrajan

D. I. Yogyakarta

TERUS BERGERAK

Senin, 17 Januari 2022 ~ Oleh adminmuga-jhs ~ Dilihat 476 Kali

Bismillah. . .

Jumat malam tanggal 14 Januari 2022 sehabis sholat Isa rombongan PCM, PCA wirobrajan beserta AUM di wilayah wirobrajan berangkat menuju Surabaya, sehingga saya mengikuti KSJM di dalam bus.
Ada perasaan bahagia saat PCM wirobrajan dan Majelis Dikdasmen PDM Kota Yogyakarta berinisiatif mengajak Kepala sekolah bersama staf, SD Muh 1,2 dan 3 wirobrajan Yogyakarta, SMP Muh 3 wirobrajan Yogyakarta, SMA Muh 3 dan 7 wirobrajan Yogyakarta, ikut pula BKS SMP Muh Kota Yogyakarta , dengan total jumlah peserta 60 orang sepakat ingin melaksanakan studi banding atau studi tiru ke komplek perguruan Pucang Surabaya (SD Muh 4 Pucang, SMP Muh 5 Pucang, SMA Muh 2 Pucang) dan lanjut ke SMA Muh 10 Gresik.

Alhamdulillah . . . saya dapat hadir ke- 4 kali di Pucang Surabaya namun baru kali ini berkunjung bersama teman-teman. Pucang sungguh sangat menginspirasi, jadi teringat saat mengisi acara bersama Prof Imam Robandi dan pak Roni dari Metro Lampung.
Luar biasa perkembangan Pucang, SD Muh 4 Pucang sekarang sudah memiliki Ahmad Dahlan PLAZA, sebuah Plaza pendidikan (bukan mall atau supermarket), gedung yang sangat megah di bangun dengan biaya 30 Milyar, memiliki 1430 siswa , 50 kelas rombel dengan 86 guru dan karyawan, saya sangat tertarik saat di lantai 5 gedung induk, sebuah ruang terbuka gazebo literasi dan studio,sekolah ini memiliki banyak prestasi.


SMP Muh 5 Pucang ada perubahan gedung baru memiliki 600 siswa dan banyak kegiatan cukup bagus. SMA Muh 2 Pucang terus bergerak melebarkan sayapnya sedang menambah gedung baru yang dibangun oleh MPN (Mentari Prima Niaga) dari Yogyakarta adalah Tim Ahli yang juga membangunkan gedung Mugabrajan Yogyakarta.
Terimakasih atas sambutan yang sangat ramah dari tiga sekolah. Alhamdulillah . . dari Dr.Mulyana, Dr.Sholihin F, Drs.Edi S, ustadz Syaikul IM, tokoh hebat dari SD Muh 4 Pucang semua sudah pernah berkunjung silaturahim ke SMP Muh 3 Yogyakarta, Ustadz Alim Kepala SMP Muh 5 Pucang, ustadz Astajab Kepala SMA Muh 2 Pucang, semua sudah saya kenal rasanya di surabaya sedang ketemu saudara saling sharing tidak terasa waktu berkunjung molor 1 jam.

Perjalanan menuju Gresik terhambat karena Surabaya sangat ramai, di jalan krodit macet, kami sangat gelisah karena rombongan sudah di tunggu, maaf sekali mundur 2 jam, sesampainya di SMA Muh 10 Gresik kami sudah takjub dengan gedung sekolah yang megah, segera rombongan turun disambut oleh PCM, Kepala sekolah dan para guru yang sudah lama menunggu, segera ijin ingin melaksanakan sholat jamak takhir, kamipun diantar menuju Mushola yang bagus. Pukul 15.30 segera acara dimulai dengan musik pengantar dari Siswa SMAIO, sambutan dan talk show dari SD M 1,2 Gresik, SMP M 12 Gresik.


Membangun kolaborasi antar jenjang sekolah tidaklah mudah, apalagi Kepala Sekolah harus siap di tempatkan memimpin di mana saja, sungguh luar biasa ini terjadi di Gresik, kepala sekolah SMP Muh 12 Gresik sekarang memimpin menjadi Kepala SMA M 10 Gresik. PCM Gresik sangat berperan karena keuangan sentralisasi, kepala sekolah hanya mengatur, mengelola, perkembangan sekolah.
Ada kesamaan antara di Pucang dan Gresik ada Tim Executif Tim Solid yang anggotanya mantan Kepala Sekolah untuk memotivasi SDM, mendampingi sekolah, bedanya di Pucang keuangan belum sentralisasi. SMA M 10 Gresik memilik brand
Sekolah riset, di dirikan tahun 2015, baru 7 tahun berdiri bangunan megah dan memiliki banyak prestasi, sekarang Kepala SMA M 10 Gresik dipimpin oleh Bapak Hari widianto, M.Pd, sebelumnya Bapak Isa Iskandar, M.Pd karena sekarang sedang menempuh S3, keduanya adalah mantan Kepala SMP Muh 12 Gresik.

Sahabat Gresik dari mulai Pak Roni, pak Hari, pak Isa iskandar semua sudah pernah berkunjung ke SMP Muh 3 Yogyakarta, kami sharing, bahkan Pak Hari pernah magang di SMA Muhi Yogyakarta, Jadi kita saling ATM. Semoga Sekolah Muhammadiyah dapat maju bersama, khusunya SMP Muh 3 Yogyakarta generasi penerus lebih gigih dan terus berkembang.
Setelah cukup sharing lanjut tour ke banyuwangi, menikmati indahnya pantai merah, dan Baluran.

El Hotel Royale, Banyuwangi, 16 Jan 2022

 

(Heriyanti Mugabrajan Yogyakarta)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT