SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean 19 Wirobrajan

D. I. Yogyakarta

Assesmen PISA 2022

Jum'at, 27 Mei 2022 ~ Oleh adminmuga-jhs ~ Dilihat 330 Kali

Alhamdulillah,

SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta telah melaksanakan Assesmen PISA 2022 yang dilaksanakan hari ini, Jumat, 27 Mei 2022 dalam 1 sesi. Diikuti oleh 42 siswa yang telah dipilih oleh Pusmenjar Kemendikbud. Pelaksanaan Assesmen PISA 2022 di laboratorium komputer 2 dan 3 lantai 4. 

Administrator Tes (AT) PISA 2022 yang bertugas adalah Ibu Setia Kusumaningrum, hadir pula Monev dari Direktorat SMP Ibu Sulastri, S. Pd,. M. Si. Dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta hadir Bapak Hasyim, M. Acc, dan disambut oleh Kepala SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Bapak Susamta, S. Pd. M. Pd. Mahasiswa Kampus Mengajar juga turut serta membantu proses Assesmen PISA 2022.

PISA (Programme for Internasional Student Assessment) adalah program internasional yang diselenggarakan oleh OECD (organization for Economic Cooperation and Development) untuk mengukur kemampuan peserta didik pada rentang usia 15 tahun. Program PISA di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta dimulai sejak satu tahun yang melalui Diklat yang diikuti oleh guru Matematika dan IPA. Pendampingan dan pembimbing ke siswa yang terpilih sebagai peserta dilakukan secara kontinu dan terjadwal.

Menjelang pelaksanaan assesmen pendampingan dan pembimbing dilakukan sebanyak empat tanggal 11,12, 23, 25 Mei 2022. PISA di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 27 Mei 2022 dengan jumlah peserta 42 siswa. Assesmen dimulai pukul 08.00 - 12.00 terbagi dalam dua ruang yaitu Lab komp 2 dan Lab Kom 3. Materi assesmen meliputi Membaca, Sains, Matematika, Berpikir kreatif. Siswa juga mendapatkan sertifikat Asessmen Pisa 2022.

Kepala SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta bapak Susamta, S.Pd., M.Pd. menyampaikan bahwa assesmen seperti ini tidak hanya berhenti sampai di sini, tetapi secara internal sekolah akan memprogramkan assesmen berbasis PISA secara berkelanjutan. Beliau juga memberikan motivasi kepada seluruh siswa untuk terus belajar.

Selama asesmen dilakukan monitoring oleh Tim Direktorat Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Ank Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.
Terima kasih pada semua tim yang terlibat dalam kegiatan PISA di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Alhamdulillah semua rangkaian kegiatan berjalan lancar.

#MUGA JHS#

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT