SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean 19 Wirobrajan

D. I. Yogyakarta

Outing Class ke Gunung Pati

Jum'at, 05 Agustus 2022 ~ Oleh admin-news ~ Dilihat 97 Kali

Setelah lebih dari 2 tahun kegiatan Outing Class belum dapat dilaksanakan karena masa pandemi, maka Alhamdulillah pada hari Jum’at, 15 Juli 2022 siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta melaksanakan kembali kegiatan Outing Class. Kegiatan Outing Class yang dilaksankan adalah kunjungan ke Firdaus Fatimah Zahra tempat manasik, pendidikan, dan wisata religi yang berada di Gunung Pati Semarang. Sejumlah 283 siswa bersama Kepala Sekolah, Waka dan Guru Pendamping pukul 06:30 WIB berkumpul di sekolah untuk kemudian berangkat bersama-sama menuju Semarang. Armada yang digunakan adalah 6 Bis besar kapasitas 50 tempat duduk serta 1 mobil mini bus.

Di lokasi Firdaus Fatimah Zahra terdapat miniatur Ka’bah, Sa’I, Jabal Rahmah, Mina, Arofah, Muzdalifah, tempat lempar jumrah, miniatur Airport Jeddah hingga Miniatur Masjid Nabawi. Dengan dibentuk menjadi 3 kelompok dan dipandu oleh petugas, para siswa melaksanakan kegiatan manasik haji urut mulai dari awal hingga akhir. Kegiatan ini bertujuan agar ghiroh siswa untuk dapat melaksanakan ibadah Haji meningkat, siswa mendapat pelajaran bagaimana cara pelaksanaan ibadah haji dengan memahami bacaan doa maupun rukun haji secara langsung dengan praktik, serta semoga kedepan siswa dapat menjalankan ibadah haji dengan baik.

Kegiatan lain yang dilaksankan di kota Semarang setelah manasik haji adalah kunjungan ke sebuah gedung bersejarah yang saat ini difungsikan menjadi museum, yaitu Lawang Sewu. Di Lawang Sewu para siswa dapat menyaksikan beragam koleksi perkeretaapian di Indonesia dari masa ke masa. Lawang Sewu juga menyajikan keindahan dan keunikan bangunan gedung. Salah satu keunikannya adalah banyaknya jumlah pintu dan jendela serta terdapat ornamen kaca patri yang menggambarkan kemakmuran dan keindahan Jawa.

Kegiatan diakhiri dengan kunjungan ke Masjid Agung Jawa Tengah sekaligus untuk melaksanakan sholat isya’ berjamaah. Kegiatan yang telah dilakukan diharapkan dapat menjadi sarana belajar serta sarana refreshing atau saat ini terkenal dengan istilah healing.

 

Agus Wiratno

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT