SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean 19 Wirobrajan

D. I. Yogyakarta

Peringatan HUT ke-77 RI dengan Kegiatan Lomba dan Upacara Bendera

Selasa, 23 Agustus 2022 ~ Oleh admin-news ~ Dilihat 188 Kali

Tahun ini merupakan tahun pertama peringatan HUT RI setelah masa pandemi berakhir. Semangat yang diusung adalah Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Kesiswaaan dan Tim Kreatif SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta menyelenggarakan berbagai kegiatan lomba dan upacara bendera.

Setelah berbagai persiapan dilakukan rangkaian kegiatan diawali dengan kegiatan Senam Massal. Senam Massal dilaksanakan di hari selasa 16 Agustus 2022 pukul 07:00 WIB di Lapangan Mancasan, Wirobrajan yang terletak kurang lebih 400 meter sebelah selatan kampus 1. Kegiatan ini diikuti oleh guru, karyawan, dan siswa kelas VII, VIII serta IX dan dipimpin langsung oleh Bapak Susamta, S.Pd., M.Pd. dengan didampingi seorang instruktur senam. Peserta sangat antusias menggerakkan tubuhnya mengikuti irama musik yang energik dengan lagu yang kekinian.

Kegiatan berikutnya adalah lomba antar kelas dan antar guru serta karyawan. Kegiatan lomba dilaksanakan di kampus 1, 2, dan 3. Di Kampus 1 dilaksanakan lomba News Reading dan Pidato PHBS. Para peserta lomba News Reading berpenampilan sangat menarik seperti layaknya seorang pembaca berita di televisi. Demikian pula para peserta lomba pidato, tampilan mereka sangat memukau dewan juri. Tema yang diangkat dalam lomba pidato kali ini adalah gaya hidup bersih dan sehat.

Lomba tarik tambang, kursi bernyanyi, dan bola volly plastik dilaksanakan di kampus 2. Dalam lomba tarik tambang setiap kelas mengirimkan peserta putra dan putri masing-masing 5 orang. Keseruan lomba tarik tambang terasa dengan teriakan para suporter mendukung timnya agar menjadi pemenang. Keseruan yang lain adalah saat dilombakan kursi bernyanyi. Para peserta dengan diiringi lagu berlomba cepat untuk dapat duduk di kursi setelah lagu berhenti. Lomba bola volly plastik yang diperuntukkan bagi guru dan karyawan juga tidak kalah seru, dengan diikuti oleh 10 tim yang masing-masing terdiri dari 5 pemain inti dan 2 pemain cadangan. Kegiatan di Kampus 2 yang tidak kalah menarik adalah Market Day. Masing-masih kelas disediakan tempat untuk dapat menjajakan produk makanan mereka. Walaupun bukan termasuk cabang lomba, kegiatan ini sangat diminati oleh warga sekolah, terbukti jajanan yang disiapkan oleh para peserta habis terbeli dan dinikmati.

Di Kampus 3 dilaksanakan 3 lomba yaitu : Fashion Show, Yel-yel, dan Sambung Estafet. Busana yang dipakai para peserta Fashion Show adalah pakaian adat nusantara, mereka tampil menarik dengan berjalan diatas panggung bak peragawan dan peragawati. Tidak kalah menarik pula, dalam lomba yel-yel ada beberapa peserta membawa genderang yang dipukul dengan irama selaras dengan yel-yel yang mereka ucapkan. Lomba sambung estafet menuntut kekompakan dan kecepatan untuk dapat menjadi pemenang.

Ada 2 lomba lain yang dilaksanakan, yaitu kebersihan kelas dan cosplay. Para siswa didampingi wali kelas membersihkan kelas, melengkapi administrasi kelas dan menghias kelas dengan ornamen bernuansa kemerdekaan. Lomba cosplay adalah lomba menampilkan foto diri bersanding dengan foto salah satu pahlawan nasional. Pemenangnya adalah foto diri yang paling mirip dengan salah satu pahlawan nasional.


Kegiatan peringatan diakhiri dengan Upacara Bendera yang dilaksanakan di Gor Kampus 3. Upacara berjalan dengan tertib khidmat. Petugas upacara menjalankan tugasnya dengan sangat baik, terutama pasukan pengibar bendera. Pembina upacara beserta para guru dan karyawan takjub dengan tampilan pasukan paskibraka. Bapak Susamta sebagai pembina upacara merasa trenyuh bahwa pelaksanaan upacara berjalan dengan baik. Kegiatan upacara diakhiri dengan ucapan selamat dengan berjabat tangan dengan para petugas upacara, sebagai wujud apresiasi. Setelah selesai upacara ketua IPM mengumumkan pemenang lomba.

 

Oleh: Agus Wiratno

KOMENTAR

Suparsih Muga - Selasa, 23 Agustus 2022

Keterrn

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT