SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean 19 Wirobrajan

D. I. Yogyakarta

Gelar Karya Projek 1 Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Senin, 29 Agustus 2022 ~ Oleh admin-news ~ Dilihat 238 Kali

Hari Senin, 29 Agustus 2022 setelah Kepala Sekolah, Guru, Karyawan dan seluruh siswa kelas 7 dan 8 melaksanakan upacara rutin, ada hal baru yang disiapkan agar lebih maksimal oleh murid murid kelas 7 dengan pendampingan bapak ibu wali kelas masing masing yaitu agenda Gelar Karya yang merupakan rangkaian dari program yang mengacu pada kurikulum merdeka.


Tampak wajah-wajah penuh antusias, optimis dan penuh semangat untuk dapat menampilkan yang terbaik pada pameran yang akan mereka sajikan. Pada Gelar Karya yang merupakan projek 1 boleh dikatakan sukses dan lancar dalam penyelenggaraannya sekalipun ini adalah hal yang baru dan pertama. Alhamdulillah, bapak Drs. Rudi Darmawan, M.Pd. dari Pengawas Dikpora Kota Yogyakarta dapat hadir sekaligus membuka acara dan beliau menyampaikan bahwa hal ini merupakan tahun pertama di kota Yogyakarta, dan memberikan apresiasi untuk SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang dapat menyelenggaran dengan baik.
Sebelum acara dibuka disampaikan pula sambutan oleh kepala SMP Muhammadiyah 3, bapak Susamta, S.Pd., M.Pd. selaku penanggung jawab kegiatan yang selalu memfasilitasi dan memberikan dukungan penuh akan program program sekolah dalam rangka meningkatkan mutu sekolah.


Sambutan dari wakil murid disampaikan pula, yang diwakili oleh ananda Rafa dan Aulia dari kelas 7E dengan wali kelas bapak Siswantara S.Pd, yang pada intinya menyampaikan bahwa ada kegembiraan dan nuansa beda pada kegiatan pembelajaran kali ini, diajak langsung ke tempat pembuatan produk, belajar membuat, dan menyajikannya hasil produk karya sendiri untuk dipamerkan dan dikonsumsi publik. Sekalipun hal baru tidaklah nampak ada keluh kesah. Pada umumnya mereka hanya butuh penguatan dan bentuk konsultasi yang disampaikan pada guru pembimbing maupun pada guru pendamping, umumnya terkait bagaimana agar dapat tampil terbaik dan memiliki ciri khas positif tersendiri di masing masing kelompok.


Kurang lebih pukul 10.15 WIB acara pembukaan usai dan dilanjutkan dengan penyajian karya dan beberapa kelompok masih melaksanakan kegiatan berupa proses akhir karya gerabah dengan pengecetan, hal tersebut dikarenakan khusus untuk gerabah melalui proses pembakaran terlebih dahulu sehingga waktunya lebih lama. Tak kalah penting juga dalam kegiatan ini adanya dukungan orang tua murid dengan menyempatkan hadir melihat langsung hasil karya putra putrinya berupa wayang, anyaman, kipas dan gerabah. Bismillah, dengan saling memberikan dukungan dan penguatan kita bisa berkemajuan bersama.

 

Oleh: Mencik Rumiasih

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT