SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean 19 Wirobrajan

D. I. Yogyakarta

SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta Berpartisipasi Aktif dalam Kegiatan BimTek Ramah Anak Tingkat SMP/MTs Se-Indonesia

Kamis, 01 September 2022 ~ Oleh admin-news ~ Dilihat 139 Kali

 

Pada Rabu-Kamis (24-25/08) SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta ikut serta dalam kegiatan sosialiasi bimbingan khusus ramah anak dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) yang dilaksanakan secara daring melalui platform zoom meeting dan channel youtube. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kompetensi, pengetahuan dan wawasan untuk tenaga pendidikan agar memperoleh pemahaman tentang pentingnya perlindungan anak. Peran sekolah sangat sentral dalam perlindungan anak karena selain untuk mencegah harus bisa melakukan penanganan dari tindak kekerasan yang terjadi pada anak. Peserta dalam kegiatan ini diikuti oleh Bapak/Ibu Guru Seluruh Indonesia, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga tingkat SMP/MTs di 34 Provinsi, dan Perwakilan Kementrian Agama.

Dalam kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Ibu Elvi Hendrani Selaku Asdep PAKK. Dalam sambutannya beliau memberikan arahan bahwa kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam melindungi dan menangani anak dalam berproses dikegiatan belajar agar anak merasa nyaman dan aman ketika berada dilingkungan sekolah khususnya dalam pelaksanaan kegiatan belajar dan kegiatan yang ada di sekolah. Kegiatan ini untuk mewujudkan Progam Sekolah Ramah Anak yang memiliki standarisasi.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari. Pada hari pertama terdapat dua narasumber yang menyampaikan materi untuk yang pertama penyampaian materi tentang Konvensi Hak Anak oleh Bapak Mulyana Brata Manggala. Dalam penyampaiannya beliau menekankan untuk seluruh warga sekolah untuk sama-sama saling melindungi dan menjaga anak agar tetap dapat tumbuh kembang tanpa adanya tekanan, perasaan kecewa dan trauma yang berlebihan. Pemaparan materi yang kedua disampaikan oleh Bapak Danang Margono, M.Pd, tentang unit penanganan kasus ramah anak di satuan Pendidikan (kode etik dan indikator). Dalam pemaparannya beliau memberikan 3 konsep unit penanganan kasus yang ramah anak yakni: tim menolong semua anak yang mempunyai kasus, tidak ada satu pun anak yang tidak tertolong, dan dilaksanakan secara cepat, komprehensif dan terintegrasi.

Pada hari kedua pemaparan materi tentang Pedoman Standarisasi Lembaga Perlindungan Khusus Ramah Anak (LPKRA) oleh Ibu Inda Kuswinda. Beliau menegaskan bahwa bagaimana Tenaga Pendidikan untuk memahamai karakteristik anak ketika berkomunikasi dan harapannya standarisasi ini untuk proses pencegahan kejadian yang kemungkinan terjadi pada anak. Kemudian pemateri kedua tentang Penjelasan Aplikasi Standarisisasi LPKRA disampaikan oleh Bapak Mico Wendy. Dalam penyampaian materinya beliau menegaskan bahwa aplikasi ini berbasis web yang membutuhkan jaringan internet untuk mengaksesnya. Untuk alamat websitenya untuk demo https://demo.lpkra.id dan dalam pengisian borang prosesnya harus bergantian atau secara bertahap. Untuk proses pendaftarannya dilakukan di Kemen PPPA dan mengisikan identitas secara lengkap. Kemudian diakhir kegiatan  Ibu Elvi Hendrati selaku Asdep PAKK memberikan kata pengantar dan penguatan bahwa ditahun depan akan ada standarisasi sekolah ramah anak sesuai dengan rekomendasi dari Dinas Pendidikan atau kementrian agama. Kemudian satuan Pendidikan dapat mempelajari borang aplikasi unit proses standarisasi untuk memperoleh dan mendapatkan kategori sekolah ramah anak.

 

Ade Rendi M., S.Pd.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT