SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean No. 19 Yogyakarta

D.I. Yogyakarta

PISA (Programme For International Student Assessment)

Kamis, 19 Oktober 2017 ~ Oleh adminmuga-jhs ~ Dilihat 77 Kali

PISA adalah studi Internasional tentang prestasi Literasi membaca,matematika,dan sains siswa sekolah berusia 15 tahun. Studi ini dikoordinasikan oleh OECD/Organisation for Economic Cooperation and Development ,yang berkedudukan di Paris.
PISA studi yang diselenggarakan tiap 3 tahun sekali dan Indonesia mulai mengikuti sejak th. 2001, bertujuan: mengukur prestasi literasi, kompetensi siswa yang relevan dengan kecakapan abad 21.
Domain yang diukur adalah reading literacy, mathematics literacy, scientitific literacy , financial literacy dan global competency

SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta beruntung dapat di undangan mengikuti Bimtek PISA di Sheraton Mustika Hotel Yogyakarta bagi KS dan Admin /guru TIK, sedangkan 4 guru di Keiza Horizon Hotel , yang jelas prestasi baru ini membutuhkan enerji ,ketekunan , telaten dan semangat untuk membimbing parasiswa.

Program penilaian International yang diikuti oleh 81 negara ini harus dikerjakan sungguh- sungguh walau sekolah membayangkan begitu sibuknya pelatihan yang akan dilaksanakan di bulan April bersamaan dengan simulasi UNBK, akan diadakan simulasi PISA, namun Kepala sekolah dan proktor harus siap, kemudian sosialisasi dengan warga sekolah , orang tua dan siswa.

  1. Kepala sekolah harus mengkoordinir guru-guru inti yang sudah mengikuti Bimtek, siap dengan soal-soal sejenis PISA yang bervariasi , tidak hanya pilihan ganda ,bisa HOT /higher order thinking, soal yang menuntut kemampuan berfikir kritis, problem solving serta komunikatif.
  2. Membawa hal baru untuk diterima atau bisa dilaksanakan oleh para guru dan siswa bukan hal mudah , bagimana mengkondisikan sekolah terbiasa dengan perubahan , tidak gumunan ,tidak kagetan dan siap dengan hal-hal yang baru, strategi yang harus dikuasai dan diterapkan oleh kepala sekolah.
  3. Seluruh Guru dan Karyawan harus tahu agenda sekolah dan agenda Kepala Sekolah setiap hari, pasang papan informasi di lokasi yang mudah terbaca.
  4. Biasakan siapa saja yang di beri tugas diklat /bimtek sepulang dari Bimtek oleh-olehnya Sosialisasi /pengimbasan ilmu kepada seluruh guru.
  5. Yakinkan /bangun trus agar semua percaya bahwa kita bisa melaksanakan.
  6. Bagi tugas pendampingan agar kegiatan lancar.
  7. Monitoring dan Evaluasi (melibatkan staff dan guru inti /senior)
  8. Pelaporan.
  9. Sekolah/Madrasah yang terdengar, sekolah yang tidak sepi dari kegiatan

Sheraton Mustika Hotel Yogyakarta.

oleh: 
Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta
Heriyanti, S. Pd,. M. M

Komentari Tulisan Ini

  1. TULISAN TERKAIT
...

Heriyanti, S. Pd,. M. M

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Seraya memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, disertai perasaan bangga saya menuliskan kata Sambutan Kepala sekolah, setelah…

Selengkapnya

Jajak Pendapat

Bagaimana Perkembangan SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta?

LIHAT HASIL