SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean No. 19 Yogyakarta

D.I. Yogyakarta

BELAJAR DENGAN BAHAGIA

Jum'at, 10 Nopember 2017 ~ Oleh adminmuga-jhs ~ Dilihat 56 Kali

"BELAJAR DENGAN BAHAGIA"

Bahagia rasanya melihat anak-anak belajar dengan gembira.
Kebahagiaan timbul ketika kita dapat memberikan rasa senang dihati orang lain, membuat tersenyum, memberikan sesuatu yang bermanfaat.
Seorang guru datang ke sekolah harus diawali niat bertugas untuk menjalankan amanah dengan bahagia, sehingga proses pembelajaran melayani siswa disekolah dilakukan rasa Bahagia.

"Hari ketiga"

Waktu menunjukkan pukul 06.30 satu persatu para guru menyalami kehadiran para siswa, sambil menyapa siswa SMP MuAD Metro Lampung yang sedang Students Exchange ;nak sudah mulai kangen pulang atau tambah krasan /betah di Yogyakarya? "Alhamdulillah . . . Betah ustadzah , dengan muka berseri dia menjawab".
Bel sekolahpun berbunyi untuk segera masuk kelas tadarus Al-Qur'an kemudian dilanjutkan pembelajaran , hari ini para siswa Students Exchange setelah tadarus masuk ke ruang Aula untuk belajar ICT " Membuat Barcode"

QR (Quick Respond) code adalah sejenis barcode dua dimensi yang memungkinkan kontennya untuk diterjemahkan dengan kecepatan tinggi. Marker ini telah menjadi trend sejak awal tahun 2010 hingga sekarang dan diimplementasikan pada berbagai media khususnya media cetak.

QR Code ini dapat digunakan oleh guru untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 dalam setiap mata pelajaran. Untuk menghindari guru sebagai sumber ilmu pengetahuan, melalui QR Code ini guru memberikan kunci kepada siswa untuk menemukan sendiri konsep – konsep pelajaran. QR Code ini dapat dikoneksikan ke berbagai website pengetahuan yang berhubungan dengan mata pelajaran. QR Code ini juga dapat memuat gambar atau sebuah proses, dan lain – lain. Akan sangat baik jika gurunya sudah memiliki blog atau website sendiri sebagai sumber materi pelajaran. QR Code yang dibuat dapat dikoneksikan ke Blog atau Website guru nya. 

Rupanya para siswa asyik mempelajari QR sampai ada hasil dari pembelajaran hari ini , siswa kreatif tentu datang dari guru yang kreatif.

Pembelajaran dilanjutkan dengan pembelajaran bahasa dan budaya Jawa. Para siswa baik dari Lampung maupun Yogyakarta bersama sama mempelajari unggah ungguh dan tata Krama dalam adat Jawa.
Diharapkan dapat tercipta generasi yang mengenal teknologi tanpa meninggalkan adat budaya tempatnya tinggal.

"Hari Ke empat"

Semakin semangat untuk belajar bersama setelah tadarus Al-Qur'an para siswa mengikuti pembelajaran di kelas , kemudian masuk ke ruang PTD /BTE (Basic Techology Education) ,peralatan di Lab ini bantuan dari pemerintah pada tahun 2001 dengan nilai 200 jt , ada Kriya, Logam, plastik, sablon, elektronika, di Lab ini pula sekarang pembelajaran prakarya di berikan.
Membuat ketrampilan dari bahan bekas, membuat PIN /gantungan Kunci yang mereka desain sendiri .

Semoga setiap siswa trampil dan memiliki jiwa enterpreneurship

 

oleh: Heriyanti
(Principal SMP Muh 3 Yogyakarta)
=========================

Gallery Photo

 

 

 

 

 

Komentari Tulisan Ini

  1. TULISAN TERKAIT
...

Heriyanti, S. Pd,. M. M

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Seraya memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, disertai perasaan bangga saya menuliskan kata Sambutan Kepala sekolah, setelah…

Selengkapnya

Jajak Pendapat

Bagaimana Perkembangan SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta?

LIHAT HASIL