Rabu, 6 November 2024 SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta mengadakan kegiatan Coding Quest khusus kelas peminatan IT. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas 7,8, dan 9 peminatan IT. Coding Quest ini dilaksanakan di Pendopo Balai Warga Dusun Blumbang, Omah Noto Plankton (ONP), Kecamatan Tempel Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kegiatan Coding Quest ini bertujuan untuk memberikan pengenalan yang menyenangkan dan interaktif terhadap pembelajaran coding menggunakan platform scratch, mengembangkan keterampilan berpikir logis melalui kegiatan coding blok dan unpluge coding, mendorong pemahaman tentang cara pemrograman dapat digunakan untuk memecahkan masalah sehari-hari, mendorong siswa untuk mengekspresikan kreativitas mereka melalui pengembangan proyek scratch dengan membuat animasi dan sederhana, memberikan tantangan melalui sesi coding challenge yang merangsang pemikiran kreatif, mengajarkan cara bekerja sama dan berkolaborasi dalam tim melalui kelompok-kelompok yang dibentuk dan membangun keterampilan komunikasi dan kerjasama di antara para peserta. Kegiatan Coding Quest ini meliputi :
- Fun Stem merupakan kegiatan stem activity dimana peserta membuat karya yang berhubungan dengan stem untuk melatih kemampuan 4C (Critical thinking and problem solving, Creativity and Innovation, communication,collaboration)pada diri siswa.
- Unpluged Coding Games merupakan permainan yang menerapkan proses berpikir coding yang dilaksanakan di luar ruangan yang dikemas secara menyenangkan.
- Materi edubit diberikan untuk kelas 7 sebagai upaya pengenalan robotic. Sedangkan, IoT Kit diberikan kepada kelas 8 dan 9.
- Presentasi coding challenge yang bertujuan sebagai wadah siswa untuk berdiskusi, menuangkan pendapat, dan mampu menjelaskan yang telah dibuat dengan kolaborasi.
Kegiatan Coding Quest ini berjalan dengan lancar dan siswa mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan ceria dan semangat. (red)